Minggu, 17 Nov 2019 06:11 WIB

Heboh Asteroid Tabrak Bumi Bulan Desember, Ini Faktanya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Twitter/haya2e_jaxa Foto: Twitter/haya2e_jaxa
Jakarta - Belum lama ini, dikabarkan oleh media asal Inggris, Express, bahwa ada ancaman besar asteroid yang berpotensi menghantam Bumi pada sekitar akhir Desember. Apakah benar?

'Asteroid terror: NASA spot mammoth space rock to hit Earth's orbit five days before X-mas', begitu judulnya, bahwa NASA memantau asteroid sebesar gedung pencakar langit, yang bakal menubruk planet ini 5 hari sebelum Natal.

Disebutkan bahwa asteroid besar itu bisa saja amat merusak dan membawa manusia pada kepunahan. Tak heran jika kemudian netizen cukup banyak yang cemas mendengar kabar tersebut.


Terlebih kemudian, ada beberapa website lain yang turut pula mengabarkannya. Ketika dipantau lebih lanjut, informasi itu dipastikan tidak akurat.

Pihak NASA tidak pernah melakukan pengumuman tersebut dan meskipun benar ada asteroid besar mendekati Bumi pada akhir Desember, nyaris tidak ada peluang terjadi tabrakan.

Tidak salah bahwa asteroid bernama 216258 2006 WH1 akan melintasi dekat Bumi. Akan tetapi bukan berarti batu angkasa tersebut kemungkinan besar akan berujung pada tabrakan yang menghancurkan.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fyk)