Rabu, 16 Okt 2019 09:38 WIB

Jakarta dan Kota-kota Besar Dunia yang Terancam Tenggelam

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Jakarta dan Kota-kota Besar Dunia yang Terancam Tenggelam
Halaman 2 dari 2
Beijing. Foto: Rita Pawestri/dTraveler Beijing. Foto: Rita Pawestri/d'Traveler

New Orleans

New Orleans yang terletak di Amerika Serikat juga terancam air laut. Sebelumnya, hanya sepertiga New Orleans yang ketinggiannya berada di bawah air laut. Ketika badai Katrina menghantam pada tahun 2005, angkanya melonjak jadi separuh wilayah.

Kota ini terancam oleh kenaikan air laut karena tanahnya longgar dan selain itu sangat dekat dengan pantai. New Orlenas disebut mengalami penurunan tanah sekitar 1 centimeter per tahunnya.

Beijing

Studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa tanah di Beijing turun sampai 10 centimeter per tahun di beberapa area. Penyebabnya ternyata sama dengan Jakarta dan Houston, yaitu menipisnya air tanah karena terlalu banyak digunakan.

Ibu kota negara China rupanya amat bergantung pada air tanah untuk memenuhi kebutuhan penduduknya karena tidak banyak sumber air permukaan di sana. Tanahnya menjadi kurang stabil dan mengalami penurunan.

Venesia

Venesia turun tanahnya per tahun 0,2 centimeter dan selalu terancam banjir. Italia mulai membangun tembok di Venezia untuk mencegah ancaman banjir, yang rencananya selesai pada 2011, namun akhirnya molor sampai 2022.

Ketika badai besar datang pada 2018, proyek senilai USD 6,5 besar itu belum siap. Banjir yangd diakibatkan bencana itu adalah yang terburuk dalam satu dekade di kota indah yang selalu ramai dengan turis itu.

(fyk/jsn)