Senin, 14 Okt 2019 19:41 WIB

Mengenang Calon Astronaut Wanita Pertama Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Pratiwi Sudarmono, calon astronaut kebanggaan Indonesia. Foto: Internet Pratiwi Sudarmono, calon astronaut kebanggaan Indonesia. Foto: Internet
Jakarta - Indonesia pernah mempunyai calon astronaut yang merupakan astronaut wanita pertama di Asia. Ialah Pratiwi Sudarmono, seorang pakar biologi molekuler Universitas Indonesia (UI).

Taufik Akbar, seorang insinyur telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) direncanakan akan mendampingi Pratiwi sekaligus menjadi awak cadangan.

Kisah wanita kelahiran Bandung, 31 Juli 1952 ini banyak ditulis diberbagai media. Ia direncanakan terlibat dalam misi STS-61-H yang menggunakan pesawat ulang-alik Columbia. Dr Pratiwi pun sudah menyiapkan riset selama bertahun-tahun terkait ilmu yang digelutinya.



Namun, misi ini gagal diberangkatkan menyusul kecelakaan pesawat ulang-alik AS Challengger pada awal 1986. Padahal, Dr Pratiwi sudah menempuh pelatihan di Amerika Serikat sebelum peristiwa itu terjadi.

Dr Pratiwi kembali ke Indonesia kemudian menekuni aktivitasnya sebagai ilmuwan sekaligus pengajar.

Dr Pratiwi adalah salah satu bukti bahwa Indonesia sebenarnya mampu bersaing dengan negara lain dan terbang jauh ke luar angkasa.

Siapa ya yang akan menjadi astronaut Indonesia selanjutnya?



Simak Video "Pertanyakan Bentuk Bumi, Astronaut Malaysia: Demi Allah Bumi Itu Bulat"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)