Berkeliaran di Bulan, Ini Rahasia Hewan Terkuat di Dunia - Halaman 2

Rabu, 09 Okt 2019 06:15 WIB
Halaman ke 2 dari 2
Berkeliaran di Bulan, Ini Rahasia Hewan Terkuat di Dunia
Tardigrade. Foto: Eye of Science/SPL

Mereka menginvestigasi beberapa mekanisme biologi di balik ketangguhan Tardigrade. Sebelumnya, ilmuwan lain sudah megidentifikasi sebuah protein yang hanya ada di Tardigrade, yang melindungi mereka dari paparan sinar X. Tapi belum jelas bagaimana mekanismenya.

Protein bernama Dsup (Damage suppression protein) itu dianalisis menggunakan biokimia, mengungkap bahwa Dsup terikat dengan chromatin, substansi yang terdiri dari DNA dan protein yang ditemukan di kromosom di dalam sel.

Terkuak bahwa saat Dsup terikat dengan chromatin, terciptalah semacam perisai yang melindungi sel dari efek merusak molekul bernama hydroxyl radicals. Molekul itu bisa dihasilkan dengan paparan sinar X.

"Kita sekarang memiliki penjelasan molekular tentang bagaimana Dsup melindungi sel dari radiasi sinar X. Kami melihatnya terdiri dari dua bagian, satu bagian yang terikat dengan chromatin dan sisanya membentuk semacam perlindungan DNA dari hydroxyl radicals," kata tim peneliti.

Selain menambah pemahaman soal biologi tardigrade, riset ini juga bisa membantu ilmuwan mengembangkan sel hewan yang bisa hidup lebih lama dalam kondisi ekstrim.

"Secara teori, agaknya memungkinkan bahwa versi optimal dari Dsup bisa dirancang untuk melindungi DNA di berbagai ragam tipe sel," papar mereka.

(fyk/afr) (fyk/afr)