Jumat, 20 Sep 2019 21:12 WIB

Ular di Riau Bukan Berkaki, Itu Penisnya

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Ada Ular 'Berkaki' di Riau, Ini Penjelasan Pakar
Halaman 2 dari 2
Ular berkaki. Foto: (Youtube) Ular 'berkaki'. Foto: (Youtube)

Aji memperkirakan panjang ular itu sekitar 3 meter sehingga umurnya masih kategori remaja. Adapun King Cobra yang sudah dewasa bisa panjangnya bisa mencapai 6 meter.

Di sisi lain, kebakaran hutan yang menimpa Kalimantan dan Sumatra memang sangat mengancam bagi ular. Mereka susah menghindari kebakaran karena beberapa faktor.

"Jadi memang agak susah habitatnya di alam terbuka, di ilalang. Dia satwa liar yang paling susah diisolasi, termasuk sudah terjebak sama api paling lama respons, nggak bisa jauh-jauh nggak bisa lari, kalah dari pergerakan api," papar Aji.

Aji melanjutkan, kerugian akibat menurunnya populasi ular akibat kebakaran pun tak bisa disepelekan. Ular adalah predator beberapa hewan seperti tikus atau sesama ular sendiri. Jadi jika populasinya menurun, hewan mangsanya bisa banyak berkembang biak dan mungkin merugikan manusia.

Seperti diberitakan sebelumnya, video ular yang tampak berkaki itu direkam oleh Tim 1 Subsatgas Gab II Dim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada Rabu 18 September 2019. Lokasi kejadian ada di Kelurahan Sekip Hilir, Rengat, Kabupaten Indagiri Hulu.

(fyk/fay)