Senin, 09 Sep 2019 21:03 WIB

Tetap Penuh Ambisi, India Kini Ingin Kirim Manusia ke Bulan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Bayang-bayang kegagalan misi Chandrayaan 2 yang gagal melakukan pendaratan di Bulan tak menghalangi India untuk bermimpi lebih besar lagi. Mereka berambisi mengirimkan manusia ke Bulan.

Keinginan tersebut sudah masuk dalam rencana Indian Space Research Organization (ISRO) di misi Chandrayaan 3, seperti dilansir detikINET dari Space, Senin (9/9/2019). ISRO memiliki niatan untuk menjalankan Chandrayaan 3 di masa depan.




Misi ini serupa dengan yang dimilliki Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), yang menargetkan melakukan pendaratan manusia di Bulan. Bedanya, tentu saja, adalah AS pernah melakukannya 50 tahun lalu, sedangkan India bahkan belum sukses mendaratkan wahana (tak berawak) di satelit alami Bumi tersebut.

Tak hanya di situ, ISRO juga disebutkan membidik misi antarplanet, termasuk kemungkinan penyelidikan ke Mars dan Venus. Sebenarnya, jika berbicara Mars, India sempat menghebohkan karena berhasil mengorbitkan satelit Mangalyaan di Planet Merah itu pada September 2014.

"Ada batas-batas baru untuk dijelajahi dan tempat-tempat baru untuk dikunjungi. Kami akan naik ke kesempatan dan skala ketinggian kesuksesan yang lebih baru," ujar Perdana Menteri India Narendra Modi dalam sambutannya usai menyaksikan hilang kontak lander Vikram di Bulan.

(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com