Ada Fenomena Supermoon Lagi Bulan September Ini? - Halaman 2

Ada Fenomena Supermoon Lagi Bulan September Ini?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 06 Sep 2019 13:09 WIB
Ada Fenomena Supermoon Lagi Bulan September Ini?
Penampakan Super Blue Blood Moon di Jakarta, 31 Januari 2018. Foto: Rachman Haryanto

Disebutkan profesor riset astronomi yang mengenyam pendidikan S1 bidang Astronomi di ITB ini, Supermoon merupakan fenomena global yang bisa dilihat dari seluruh dunia. Fenomena alam ini berbeda dengan gerhana yang hanya 'mampir' di wilayah tertentu saat peristiwa terjadi.

Yang menarik, dalam ilmu astronomi, fenomena seperti Supermoon bisa diperhitungkan dari 100 tahun sebelumnya. "Jadi sudah bisa diperhitungkan kapan yang akan disebut Supermoon. (Perhitungan) dilihat dari jarak Bulan ke Bumi," ujarnya.


Thomas merinci, jarak rata-rata Bulan ke Bumi adalah 384 ribu kilometer. Pada peristiwa Supermoon, jaraknya akan berkisar di angka 350-360 ribu kilometer. Jadi lebih dekat ke Bumi dari rata-ratanya.

"Memang ada periode-periode tertentu yang memungkinkan itu. Dalam fenomena lain ada juga yang disebut Minimoon, kebalikannya yakni Purnama pada jarak terjauh, (jarak Bulan ke Bumi) sekitar 400 ribu kilometer," jelasnya.

Periode terjadinya Supermoon setiap tahunnya tidak akan sama, karena orbit Bulan yang mengitari Bumi berbentuk lonjong. Sementara Bulan mengitari Bumi, Bumi pun mengitari Matahari.


"Periodenya tidak pas betul, bulan depan bisa saja masih Supermoon, kemudian bulan depannya lagi tidak. Sebulan kemudian bisa Supermoon tapi tanggalnya bisa saja bergeser," jelas pria berkacamata ini.

(Halaman selanjutnya: Keistimewaan Supermoon)

(rns/krs) (rns/krs)