Jumat, 06 Sep 2019 06:06 WIB

Menelusuri Bukti Kehidupan di Mars dan Planet Selain Bumi

1 Ada Kehidupan di Mars?
Halaman 2 dari 2
Ilustrasi planet selain Bumi. Foto: Digitaltrends Ilustrasi planet selain Bumi. Foto: Digitaltrends

Namun dikatakan Thomas, meski diyakini bahwa ada kehidupan di luar Bumi, hingga saat ini belum ada bukti adanya kehidupan, baik di planet-planet di tata surya maupun di luar tata surya.

"Setidaknya di tata surya, termasuk di Mars dan beberapa planet dan satelitnya planet, belum ditemukan ada bukti kehidupan," sebutnya.

Berbicara tentang Mars, dari catatan yang diperoleh dari hasil penelitian, diduga pada zaman dahulu pernah ada air di Planet Merah tersebut.

"Ada bukti bekas air mengalir. Tapi karena medan magnet di Mars kecil sekali, sehingga tidak mampu melindunginya. Partikel-partikel energetik dari Matahari ikut menyapu bagian permukaan Mars yang menyebabkan penguapan dan hilangnya air di permukaan Mars semakin cepat," Thomas menjelaskan.

Yang saat ini masih dicari tahu para peneliti, jika dahulu pernah ada air di Mars, kemungkinan dulunya ada kehidupan, meskipun masih kehidupan yang primitif.

"Jadi masih jasad renik seperti awal evolusi kita di Bumi tapi itu pun belum ada bukti," jelasnya.

Sementara itu, para peneliti juga sedang giat melakukan pencarian exoplanet atau extra solar planet alias planet-planet di luar tata surya. Sejauh ini, sudah banyak ditemukan planet di luar tata surya tapi belum ada yang dikategorikan mirip Bumi.

"Belum ada (planet yang mirip Bumi), terutama dari segi suhunya yang memungkinkan air dalam kondisi cair. Itu belum banyak walaupun sudah ada beberapa yang diidentifikasi," tutupnya.

(rns/krs)