Selasa, 13 Agu 2019 12:46 WIB

Ilmuwan Temukan Sisa Nuri Raksasa Setinggi Bocah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi sang nuri raksasa. Foto: istimewa Ilustrasi sang nuri raksasa. Foto: istimewa
Selandia Baru - Bayangkan melihat seekor burung nuri yang besarnya setara bocah berusia 4 tahun. Hal itu bukan khayalan. Pasalnya, ilmuwan telah memastikan burung raksasa itu pernah ada di muka Bumi.

Seperti dikutip detikINET dari Washington Post, nuri yang dinamakan Heracles inexpectatus tersebut ditemukan oleh para ilmuwan di Selandia Baru. Tingginya diperkirakan 1 meter dengan berat 7 kilogram.

Penemuan ini mengejutkan karena hewan itu adalah nuri terbesar dalam sejarah dan mungkin memangsa burung lain di masa hidupnya. Fosilnya berada di antara banyak tulang hewan masa silam yang digali pada tahun 2008 di St Bathans, Selandia Baru.




Fosil nuri raksasa itu tersembunyi selama hampir satu dekade dan baru ditemukan belum lama ini dalam penelitian lanjutan. "Hal ini sungguh tidak diperkirakan. Ketika saya yakin bahwa itu adalah nuri, saya juga harus meyakinkan hal itu pada dunia," kata Trevor Worthy, pakar paleontologi.

"Paleontologi adalah tentang kebetulan. Anda tidak akan pernah tahu dan itulah yang membuat permainan ini jadi menarik," imbuh dia.

Si burung diperkirakan hidup di era Miosen, antara 23 juta sampai 16 juta tahun silam. Disimpulkan bahwa burung tersebut kemungkinan tidak bisa terbang dan mengkonsumsi makanan di permukaan tanah. Kemungkinan pula ia adalah karnivora.

Dengan paruh super besar, mudah bagi Heracles memangsa hewan lebih kecil, termasuk burung lain. "Dan jika Anda memikirkan tentang pintarnya nuri, maka itu cukup menakutkan," cetus Suzanne Hand dari University of New South Wales.




Simak Video "Fosil Rahang Gajah Purba Ditemukan di Lahan Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)