Jumat, 09 Agu 2019 19:14 WIB

Mengenang Felicette, Kucing Pertama yang ke Luar Angkasa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi roket ke luar angkasa. Foto: Twitter @mayorofla Ilustrasi roket ke luar angkasa. Foto: Twitter @mayorofla
Jakarta - Bukan hanya manusia yang bisa pergi ke luar angkasa, seekor kucing juga. Hal itu dibuktikan oleh Félicette yang jadi kucing pertama di dunia yang berhasil menembus dinding atmosfer Bumi menuju ruang hampa.

Peristiwa tersebut terjadi 56 tahun yang lalu atau tepatnya 18 Oktober 1963. Félicette adalah salah satu dari 14 kucing betina yang dilatih untuk penerbangan luar angkasa oleh Prancis.



Dengan menggunakan roket French Véronique AG1, Félicette terbang ke antariksa sebagai bagian dari penelitian yang dilakukan Prancis waktu itu. Félicette pun berhasil melalui tahapan itu dan kembali ke Bumi. Karenanya, Félicette kemudian dijuluki Félix the Cat oleh media setempat.

Mengenang misi bersejarah tersebut, orang-orang mengumpulkan pendanaan untuk membuat patung Félicette yang sekarang telah memasuki tahapan akhir, seperti dikutip dari Space, Jumat (9/8/2019). Adalah seniman asal Inggris bernama Gill Parker yang mewujudkan karya ini dengan idenya Félicette berdiri di atas bola dunia.

Patung FélicettePatung Félicette Foto: Kickstarter Gill Parker


Foto terbaru dari progres pembuatan patung 'astronot' kucing ini mulai tampak terlihat bentuknya. Dari gambar visual yang beredar, patung Félicette terbuat dari tanah lihat, bahan yang lebih murah dari perunggu.

Sebelumnya, pendiri proyek ini, Matthew Serge Guy kebingungan karena merencanakan patung tersebut didirikan sekitar Paris, Prancis, kota asal Félicette. Tetapi, ruang publik untuk lokasi berdirinya patung Félicette dinilai sulit.



Berkat bantuan Badan Antariksa Prancis dan Badan Antarika Eropa, patung Félicette direncanakan untuk ditempatkan di International Space University, Strasbourg, Prancis. Di sana, patung Félicette akan berdampingan dengan patung Yuri Gagarin, manusia pertama yang pergi ke luar angkasa. Terkait kapan patung Félicette selesai dan resmi diperkenalkan, Guy belum bisa memastikan waktunya.



Simak Video "Kreasi Kostum Kucing Berbuah Bisnis yang Laris Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)