Selasa, 30 Apr 2019 18:24 WIB

Membedah Nasib Para Penjelajah Waktu di Avengers: Endgame

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
1 Captain America Menjadi Tua
Halaman 2 dari 4
Steve Rogers, atau Captain America, dalam Avengers: Endgame. Foto: Avengers: Endgame (imdb.) Steve Rogers, atau Captain America, dalam Avengers: Endgame. Foto: 'Avengers: Endgame' (imdb.)

Di bagian akhir Avengers: Endgame, Steve Rogers (Captain America) ditugaskan untuk mengembalikan seluruh Infinity Stones kembali ke masa ketika masing-masing batu tersebut diambil. Hal ini dilakukan agar tidak menghasilkan lebih banyak 'cabang realitas' di alam semesta.

Menariknya, Cap justru tidak langsung kembali ke masa kini sesuai dengan aba-aba dari Banner, atau Hulk. Justru, ia menjalani hidup lebih lama di masa lalu bersama pasangannya, Peggy Carter.

Setelahnya, ia kembali ke masa sekarang dengan kondisi sudah tua. Lantas, bagaimana menjelaskan fenomena ini?

Cara paling sederhana untuk menjelaskan ini adalah, ada dua Steve Rogers yang menjalani realitas berbeda secara bersamaan. Ya, mungkin ini satu-satunya time loop di Avengers: Endgame, membuatnya memiliki konsep berbeda ketimbang perjalanan waktu yang dilakukan sepanjang film.

Jadi, Cap yang di masa sekarang memang sudah ditakdirkan untuk kembali ke masa lalu agar dapat bersama lagi dengan Peggy, sebagaimana detikINET kutip dari Vulture, Selasa (30/4/2019). Itu lah paradoks yang muncul.

Agar lebih mudah menjelaskannya, mari kita sebuat dua Steve Rogers itu sebagai Cap 1 dan Cap 2. Cap 1 menghabiskan hidupnya hingga di masa tuanya dengan Peggy. Sedangkan Cap 2 adalah yang membeku dalam es untuk kemudian menjalani masa tuanya sebagaimana seperti Cap 1.

Bahkan, di beberapa momen, ada tiga Steve Rogers yang hidup secara bersamaan di Avengers: Endgame. Pertama, pada 1970 waktu film, ada Cap 1, Cap 2, dan Steve Rogers yang sedang menjadi penjelajah waktu dengan Tony Stark untuk mengambil salah satu Infinity Stones.

Hal yang sama juga terjadi pada 2012 waktu film. Bahkan, bisa jadi, pertarungan antara sesama Captain Amerika, ketika Steve Rogers si penyintas waktu berhadapan dengan Cap 2 pada 2012 waktu film menyebabkan time loop tersebut terjadi.

(mon/krs)