Kamis, 18 Apr 2019 06:35 WIB

Teleskop NASA Temukan Planet Seukuran Bumi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi HD 21749c, planet seukuran Bumi pertama yang ditemukan oleh Satelit Transit Exoplanet Survei NASA, serta saudara kandungnya, HD 21749b, berukuran sub-Neptunus. Foto: Robin Dienel, courtesy of the Carnegie Institution for Science Ilustrasi HD 21749c, planet seukuran Bumi pertama yang ditemukan oleh Satelit Transit Exoplanet Survei NASA, serta saudara kandungnya, HD 21749b, berukuran sub-Neptunus. Foto: Robin Dienel, courtesy of the Carnegie Institution for Science
Jakarta - Teleskop pencari planet milik NASA berhasil menemukan planet yang memiliki ukuran sama dengan Bumi. Teleskop yang disebut Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) ini pertama kalinya menemukan planet dengan karakteristik tersebut.

Planet ini terlihat mengelilingi bintang yang dinamai HD 21749 yang berjarak sekitar 53 tahun cahaya dari Bumi dengan permukaan berbatu.


"Sangat menggembirakan bahwa TESS, yang baru diluncurkan setahun yang lalu, sudah menjadi game-changer dalam bisnis perburuan planet," kata peneliti dari Carnegie Institution for Science in Washington, D.C., Johana Teske dalam keterangan resminya seperti dikutip detikINET dari Space, Rabu (17/4/2019).

Walaupun seukuran dengan Bumi, planet yang dinamai HD 21749c tersebut memiliki potensi untuk dihuni yang sangat kecil. Planet tersebut memiliki orbit yang sangat sempit dengan bintangnya, dan bisa mengorbit bintangnya dalam 7,8 hari.

Hal ini membuat planet tersebut memiliki temperatur yang sangat tinggi yaitu sekitar 427 derajat Celcius. Bintangnya sendiri berukuran cukup besar, dengan massa sekitar 80% dibanding massa Matahari.

Saat ini walau baru mengudara satu tahun, TESS telah berhasil menemukan 10 planet yang ukurannya lebih kecil dari planet Neptunus.


Hal ini menjadi indikator yang positif bagi kemampuan TESS untuk menemukan planet kecil lainnya, bahkan yang berada di jarak ideal dengan bintangnya agar bisa mengandung air dan suhunya tidak terlalu panas. (vim/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed