Senin, 15 Apr 2019 11:10 WIB

Tak Patah Arang, Israel Masih Mau Pergi ke Bulan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Israel siapkan penerus Beresheet, wahana antariksa yang gagal mendarat di Bulan. Foto: Reuters Israel siapkan penerus Beresheet, wahana antariksa yang gagal mendarat di Bulan. Foto: Reuters
Jakarta - Israel baru saja gagal mencatatkan sejarah sebagai negara keempat yang sukses mencapai Bulan setelah Amerika Serikat, Rusia, dan China. Wahana antariksanya, Beresheet, gagal mendarat akibat kegagalan sistem.

Meski demikian, ia tidak menyerah begitu saja. Organisasi nirlaba asal Israel, SpaceIL dilaporkan sedang menyiapkan Beresheet 2.0. Hal tersebut diumumkan oleh investor utama bagi SpaceIL, Morris Kahn.




"Kami tengah membangun pesawat luar angkasa baru, kami akan menempatkannya di Bulan, dan kami bakal menyelesaikan misi ini," ujarnya dalam video yang diunggah akun Twitter SpaceIL.




Tak cuma Kahn dan SpaceIL yang menunjukkan optimisme, pemerintah Israel pun juga memberikan dukungan. Salah satunya dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.




"Jika di awal kamu gagal, kamu coba lagi," ucapnya, sebagaimana detikINET kutip dari Digital Trends, Senin (15/4/2019).

Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah SpaceIL ke depannya. Yang jelas, sembari membangun wahana antariksa baru, mereka juga terus melakukan evaluasi mengenai kegagalan mereka dalam mendaratkan Beresheet di permukaan Bulan. beberapa waktu lalu.


Tonton video Pesawat Luar Angkasa Israel Tabrak Bulan:

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)