Rabu, 14 Nov 2018 08:12 WIB

Mumi Kucing dan Kumbang Berumur 6.000 Tahun Ditemukan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Mumi kumbang. Foto: Twitter Mumi kumbang. Foto: Twitter
Kairo - Sejumlah mumi kucing ditemukan di tujuh sarkofagus yang berada di kompleks piramida di Saqqara, Mesir. Diperkirakan usianya lebih dari 6.000 tahun.

Para ahli arkeolog asal Negeri Firaun jadi yang bertanggung jawab dalam penemuan itu. Mereka sudah menjalankan misi ini sejak April lalu.

Selain itu, ditemukan juga kumbang scarab (scarabaediae) yang sudah berbentuk mumi. Disebutkan bahwa ini menjadi pertama kalinya mumi kumbang scarab ditemukan di kawasan tersebut.



"(Kumbang) scaraba (yang dimumikan) ini merupakan sesuatu yang sangat unik. Ini hal yang sangat langka," ucap Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal dari badan yang mengurusi barang antik di Mesir.

"Beberapa hari lalu, ketika kami menemukan peti-peti yang tersegel ini, terdapat gambar-gambar scarab. Saya belum pernah mendengarnya," katanya menambahkan.

Sekadar informasi, kucing memang memiliki tempat yang spesial di peradaban Mesir Kuno. Mereka dimumikan untuk keperluan religius.

Selain itu, sejumlah patung singa, sapi, dan burung alap-alap juga ditemukan di situs yang sama. Patung tersebut terbuat dari kayu yang disepuh, sebagaimana detikINET kutip dari The Guardian, Rabu (14/11/2018).

(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed