Profesor Ini Peringatkan Virus Corona Sangat Menular

Profesor Ini Peringatkan Virus Corona Sangat Menular

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 27 Mar 2020 06:01 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
London -

Seorang pakar kesehatan dan profesor memperingatkan virus corona sangat menular. Bahkan ia mengatakan, seorang penderita virus corona bisa menginfeksi sampai 59 ribu orang, dibandingkan 14 orang dari seorang penderita flu.

Dr Hugh Montgomery yang mengeluarkan pernyataan itu adalah profesor kesehatan di University College, London. Ia menyebut COVID-19 tiga kali lebih banyak menginfeksi dibanding flu biasa dan karenanya, social distancing harus dilakukan dengan benar.

"Jika saya sakit flu normal, saya akan menginfeksi rata-rata 1,3 atau 1,4 orang. Dan jika 1,3 orang itu menularkan ke yang lain, maka itu tahap kedua. Jika terjadi selama 10 kali, saya bertanggung jawab pada sekitar 14 kasus flu," paparnya, dikutip detikINET dari Independent.

"Nah, virus corona ini sangat sangat menginfeksi sehingga tiap orang menularkan ke tiga. Kelihatannya tidak banyak perbedaan, tapi jika tiga yang tertular itu menularkan ke masing-masing tiga dan terjadi 10 kali, saya bertanggung jawab menginfeksi 59 ribu orang," cetusnya.

Jadi meskipun secara tidak langsung, seorang penderita virus corona bisa menularkan ke begitu banyak orang. Maka Dr Hugh menyarankan agar perintah social distancing benar-benar dipatuhi.

Ia menambahkan bahwa kebanyakan orang yang kena corona akan merasa agak sakit dan sembuh, tapi jika mereka tidak mengisolasi diri, maka mereka akan menyebarkan virus itu ke orang lain. Kuncinya adalah jangan sampai sumber daya kesehatan kelabakan karena banyaknya penderita.

"Jika sumber daya kita terbatas, ventilator terbatas, dokter dan perawat terbatas, jika kita menghujaninya (dengan pasien-red), kita tidak bisa menyediakan layanan atau perawatan dengan pantas pada mereka," tandasnya.



Simak Video "Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Ponsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)