Selasa, 18 Feb 2020 06:04 WIB

Misteri Bintang Raksasa Dekat Bumi Meredup dan Berubah Bentuk

Fino Yurio Kristo - detikInet
Betelgeuse Penampakan terkini Betelgeuse. Foto: CNN
Jakarta -

Salah satu kisah astronomi menarik pada akhir tahun 2019 adalah perubahan aneh di bintang raksasa dekat Bumi bernama Betelgeuse. Tidak hanya meredup, tapi terlihat juga berubah bentuk.

Betelgeuse lokasinya antara 520 sampai 650 tahun cahaya dari Bumi. Jarak itu terhitung sangat dekat untuk ukuran luar angkasa, sehingga polah Betelgeuse banyak menarik perhatian ilmuwan.

Beberapa bulan silam, Betelgeuse yang merupakan bintang merah super raksasa ini dan salah satu yang paling terang di konstelasi Orion meredup. Maka kemungkinannya, ia bakal kolaps atau meledak.

Nah dalam penelitian terbaru, Betelgeuse tidak hanya meredup, namun bentuknya juga berubah. Foto teranyar diambil European Southern Observatory's Very Large Telescope. Saat ini, sinar bintang ini hanya 36% dari normal.

"Observatori itu adalah salah satu dari sedikit fasilitas yang dapat menjepret permukaan Betelgeuse. Ini adalah satu-satunya cara kita dapat memahami apa yang terjadi pada bintang itu," kata Miguel Montarges, astronom Katholieke Universiteit Leuven, Belgia.

Selanjutnya
Halaman
1 2