Selasa, 22 Okt 2019 11:00 WIB

NASA Bocorkan Kapan Manusia Mendarat di Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Planet Mars. Foto: NASA Planet Mars. Foto: NASA
Jakarta - Kapan manusia kira-kira akan menjejakkan kaki untuk pertama kali di planet Mars? Lembaga antariksa NASA memberikan bocorannya.

Administrator NASA, Jim Bridenstine, menyebut ada kemungkinan astronaut sudah bisa mendarat di permukaan Mars pada tahun 2035 atau 16 tahun yang akan datang.

"Jika kita mengakselerasi pendaratan Bulan, kita juga mengakselerasi pendaratan di Mars. Itulah yang kita lakukan," ujarnya dikutip detikINET dari Tech Crunch.


Dalam misi Artemis, NASA menarget mendarat kembali di Bulan pada 2024, lebih cepat beberapa tahun dari rencana semula. "Jika anggaran kita cukup, saya bilang kita bisa mendarat di Mars pada 2025," sebutnya.

Beberapa teknologi untuk mendarat di Mars akan disempurnakan dalam misi tersebut. Selain itu juga menguji astronaut berada di antariksa dalam waktu yang lama.

Mars menjadi sasaran baru NASA karena Bulan memang sudah ditaklukkan. "Kita akan pergi ke Mars," tegas presiden AS, Donald Trump, beberapa waktu silam.

"Bulan sebenarnya adalah landasan peluncuran. Itu kenapa kita berhenti d Bulan dulu. Saya katakan, kita sudah selesai dengan Bulan, sudah tidak begitu menarik. Jadi kita akan mendarat di Bulan tapi kita sungguh akan mendarat di Mars," cetusnya.



Simak Video "Robot InSight Mendarat di Planet Mars Gegerkan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)