Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27: Layar Kinclong, Harga Ramah di Kantong - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27: Layar Kinclong, Harga Ramah di Kantong

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 09 Feb 2022 06:13 WIB
Xiaomi Mi Desktop Monitor 27
Review Xiaomi Mi Desktop Monitor 27: Layar Kinclong, Harga Ramah di Kantong Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Fitur dan performa

Sebelum membahas fiturnya, ada baiknya kita kulik dulu spesifikasi Mi Desktop Monitor 27. Monitor ini mengusung panel IPS berukuran 27 inch dengan resolusi 1920 x 1080 (Full HD) dan rasio 16:9.

Monitor ini dapat menyajikan 16,7 juta warna dan memiliki gamut warna 100% sRGB. Tingkat kecerahannya mencapai 300 nits dengan sudut pandang hingga 178 derajat.

Meski tidak begitu kaya fitur jika dibandingkan dengan monitor yang lebih mewah, Xiaomi tetap menyediakan beberapa fitur dan mode yang membuat mata tetap nyaman dalam kondisi apapun.

Xiaomi menyediakan beberapa Smart Mode yang bisa diakses lewat menu di layar. Mode-mode ini berguna untuk mengatur layar sesuai dengan aktivitas pengguna.

Misalnya ada Movie Mode yang bisa mengubah layar terlihat lebih dingin dengan tone berwarna biru, ECO Mode untuk lebih hemat listrik, dan Standard Mode yang merupakan mode default-nya.

Xiaomi Mi Desktop Monitor 27Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Ada juga Game Mode, tapi ini hanya berfungsi untuk mengubah tingkat kecerahan layar bukan untuk mengubah refresh rate. Oh ya, monitor ini mendukung refresh rate hingga 75Hz.

Untuk menjaga kesehatan mata, ada Low Blue Light Mode yang bisa membuat layar terlihat lebih hangat. Mode ini juga hadir dengan sertifikasi dri TUV Rheinland.

Secara umum, performa Mi Desktop Monitor 27 sangat memuaskan dalam kondisi cahaya apapun. Bahkan di ruangan yang terpapar banyak sinar matahari langsung, monitor ini tetap bisa menampilkan konten di layar tanpa pantulan cahaya yang mengganggu.

Saat digunakan bekerja, menonton, hingga memainkan game kasual seperti Genshin Impact, monitor ini memberikan pengalaman visual yang cukup. Tapi mungkin akan kurang mendukung untuk aktivitas yang membutuhkan akurasi warna tinggi.

Opini detikINET

Dengan harga Rp 2.599.000, Xiaomi Mi Desktop Monitor 27 bisa menjadi monitor entry level pilihan untuk sehari-hari. Apalagi untuk yang harus bekerja dari rumah dan merasa layar laptop saja tidak cukup luas.

Monitor ini hadir dengan desain yang minimalis dan elegan, tapi tidak terlihat murahan. Layarnya pun lapang dan bisa menampilkan konten dengan baik. Fitur dan mode yang disematkan juga sangat membantu produktivitas.

Kekurangannya yang paling terasa adalah terbatasnya port yang ditawarkan. Tapi mengingat harganya yang hanya Rp 2 jutaan, kekurangan ini masih bisa dimaklumi.

(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT