Review Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G, Paket Lengkap WFH & Hiburan

Review Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G, Paket Lengkap WFH & Hiburan

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 27 Nov 2021 20:45 WIB
Jakarta -

Samsung Galaxy Tab 7 FE 5G boleh dibilang adalah tablet paket komplet karena bisa digunakan untuk belajar, bekerja, serta dibekali berbagai fitur yang mendukung kreativitas.

Embel-embel FE yang merupakan singkatan dari Fan Edition, menjanjikan performa seperti perangkat flagship dengan harga yang lebih terjangkau (versi lebih murah dari Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+), tapi dengan sejumlah pengurangan fitur yang biasanya dimaklumi pengguna.

Orang biasanya membeli tablet untuk kepentingan pekerjaan, sekolah atau kuliah, pekerjaan kreatif untuk menggambar, desain grafis, atau untuk kebutuhan hiburan seperti main game, baca e-book, nonton film, dan lain-lain. Seperti apa performanya dan seberapa fungsionalnya tablet ini untuk dipakai sehari-hari? Simak review detikINET berikut ini.

Samsung Galaxy Tab S7 FESamsung Galaxy Tab S7 FE Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Desain

Desain Galaxy Tab S7 FE 5G sama dengan saudaranya, Galaxy Tab S7+, mengusung layar lega 12,4 inch (note: Galaxy Tab S7 layarnya 11 inch). Samsung menyodorkan empat pilihan warna: Mystic Black, Mystic Green, Mystic Silver, dan Mystic Pink. Nah, yang detikINET gunakan adalah Mystic Silver.

Tampilan depan tablet punya bezel agak tebal yang mengelilingi layarnya, tetapi tidak sampai mengurangi kesan lega display ini. Di layar ini juga ada kamera depan yang penempatannya tepat di tengah ketika tablet diposisikan secara landscape. Penempatan kamera ini sangat ideal ketika digunakan online meeting.

Beralih ke bagian belakang, punggungnya tampil simpel, hanya menampikan logo Samsung dan kamera belakang. Soal build quality, merek Samsung tak perlu diragukan. Material yang membalut tablet ini menggunakan bahan alumunium yang membuat tampilannya premium.

Tombol power dan volume ada di bagian atas saat digunakan pada orientasi landscape (di sisi kanan, jika dipakai secara portrait). Lalu di bagian bawah ada port USB-C untuk charging atau transfer data.

Dimensi Galaxy Tab S7 FE 5G adalah 185 x 284,8 x 6,3 mm dan punya bobot 608 gram. Tidak terlalu tipis, juga tidak terlalu tebal. Bobotnya mungkin agak berat untuk ukuran tablet, namun masih cukup nyaman dan portabel untuk dibawa ke mana-mana.

Samsung Galaxy Tab S7 FEFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G dirancang untuk orang yang membutuhkan kelapangan tampilan layar untuk aktivitas produktif maupun hiburan, sehingga tak heran bentang layar TFT LCD yang dipakainya berukuran 12,4 inch.

Jika dibandingkan dengan Galaxy Tab S7 dan Tab S7+, refresh rate Tab S7 FE 5G lebih rendah, 60 Hz. Bisa dimaklumi, karena ini versi FE. Meski demikian, resolusi 1600 x 2560 pixel sangat cukup untuk menjaga kualitas visual tablet.

Dipakai nonton video streaming dan main game casual selama pengujian, aman-aman saja. Layar Galaxy Tab S7 FE 5G mampu menampilkan gambar dengan tingkat kontras dan saturasi tinggi. Kesan jernih diperkuat oleh resolusi layarnya yang juga terbilang tinggi. Tentunya kondisi ini harus diimbangi oleh resolusi konten video yang ditampilkan, minimal 1080p agar pengalaman menonton menjadi maksimal.

Ketika berada di lingkungan outdoor, layar Galaxy Tab S7 FE sanggup mengimbangi cahaya terang, sehingga konten yang ditampilkan di layar masih bisa dilihat dengan jelas.

Untuk kebutuhan hiburan, layar yang lega dan jernih ini didukung audio Dolby Atmos dari AKG yang menunjang pengalaman menonton dengan audio ala bioskop di rumah.

Keuntungan lain dari layar yang lebar Galaxy Tab S7 FE 5G adalah kenyamanan multitasking. Samsung membekali tablet ini dengan opsi untuk membuka tiga jendela aplikasi sekaligus di satu tampilan layar. Ukuran dan urutan jendelanya bisa diatur sesuai keinginan. Nah, ukuran layar yang besar hampir mendekati laptop 13 inch ini, jadi terasa ideal saat digunakan untuk kebutuhan tersebut.

Selanjutnya: Prosesor, Kamera, dan Baterai