Review Infinix Zero X Pro: Jawara Kamera di Kelas Menengah? - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Review Infinix Zero X Pro: Jawara Kamera di Kelas Menengah?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 23 Nov 2021 07:15 WIB
Infinix Zero X Pro
Review Infinix Zero X Pro: Jawara Kamera Kelas Menengah? Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Antarmuka

Infinix Zero X Pro menjalankan sistem operasi Android 11 yang dibalut dengan antarmuka XOS 7.6. Antarmuka ini didominasi dengan warna hitam dan hijau yang membuatnya terlihat futuristik dan gamer-sentris.

XOS 7.6 terbilang mudah untuk digunakan, tapi tetap membawa banyak fitur tambahan yang bermanfaat untuk pengguna yang suka mengutak-atik ponselnya. Antarmuka ini menawarkan segudang pilihan kustomisasi, mulai dari tema, font, widget, sampai pengaturan gestur.

Infinix menyertakan beberapa fitur untuk menunjang produktivitas dan gaming di XOS 7.6. Salah satunya Smart Panel yang bisa diakses dengan menarik layar dari kanan atau kiri dan menahannya. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengakses beberapa aplikasi favoritnya yang akan ditampilkan dalam floating window.

Selain itu ada fitur Social Turbo yang membawa banyak fitur dan peningkatan untuk WhatsApp. Untuk gamer, ada fitur Game Mode yang bisa mengatur notifikasi, membatasi durasi bermain game, mengaktifkan floating windows, dan lain-lain.

Sayangnya, satu hal yang paling mengganggu dari XOS 7.6 adalah bloatware yang sangat banyak. Bloatware ini ada yang berupa aplikasi dari Infinix dan aplikasi pihak ketiga.

Beberapa di antaranya, terutama bloatware bawaan dari Infinix, tidak bisa dihapus dari ponsel. Untungnya aplikasi yang tidak bisa di-uninstal ini bisa disembunyikan dari tray aplikasi dengan cara dimatikan (disable) lewat pengaturan.

Performa dan Baterai

Meski digadang sebagai ponsel flagship, Infinix Zero X Pro dibekali dengan jeroan kelas menengah. Ponsel ini mengusung chipset MediaTek Helio G95 yang dipadukan dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB.

Chipset ini tentu dipilih untuk menekan harga Infinix Zero X Pro agar tetap terjangkau meski menawarkan kamera dan layar yang mentereng.

Meski begitu, bukan berarti performa Infinix Zero X Pro mengecewakan. Kinerja Helio G95 sudah lebih dari cukup untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari multitasking sampai gaming yang agak berat bisa dijalankan dengan mulus.

Kami kemudian menguji kinerja Infinix Zero X Pro menggunakan tiga aplikasi benchmark: AnTuTu, Geekbench dan PCMark. Berikut ini hasil uji benhcmark-nya:

Hasil foto Infinix Zero X ProHasil foto Infinix Zero X Pro Foto: Screenshot

Lantas bagaimana dengan performa gaming-nya? Kami menguji performanya dengan memainkan dua game yaitu PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Saat memainkan PUBG Mobile, kualitas grafis tertinggi yang tersedia adalah HD dengan frame rate High. Dengan grafis seperti ini, game bisa dimainkan dengan lancar tanpa lag. Berkat layar 120Hz dan touch sampling rate 240Hz, pengalaman gaming juga makin mulus dan responsif.

Sementara itu saat memainkan Genshin Impact kualitas grafis yang ditetapkan secara default adalah medium dengan 30fps. Ketika dinaikkan menjadi 60fps, game masih bisa dimainkan dengan lancar meski kadang agak tersendat saat ada banyak elemen yang bergerak di layar, misalnya saat diserang banyak musuh sekaligus.

Setelah dipakai main game selama kurang lebih 30 menit, bagian belakang ponsel mulai terasa hangat. Tapi rasanya tidak sampai mengganggu atau membuat tangan terasa tidak nyaman.

Infinix Zero X Pro dibekali dengan baterai 4.500 mAh dengan dukungan pengisian cepat 45W. Dengan charger bawaannya, baterai ponsel ini bisa diisi penuh dalam waktu sekitar satu jam. Menariknya, Infinix juga menyediakan banyak fitur yang bisa diaktifkan untuk membuat baterai lebih awet dan menjaga kesehatan baterai.

Untuk penggunaan sehari-hari, baterai Infinix Zero X Pro bisa bertahan dari pagi hingga malam dengan memilih refresh rate otomatis. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark battery test, baterai Infinix Zero X Pro bisa bertahan 11 jam dan 17 menit.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT