Review Galaxy Watch 4, Smartwatch Terbaik untuk Samsung

Review Galaxy Watch 4, Smartwatch Terbaik untuk Samsung

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 01 Okt 2021 08:45 WIB
Samsung Galaxy Watch 4
Samsung Galaxy Watch 4. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Samsung Galaxy Watch 4, namanya memang mirip dengan seri-seri sebelumnya. Begitu juga desainnya, masih mempertahankan layar bulat, seperti pendahulunya.

Namun sebenarnya Watch 4 punya perbedaan yang signifikan, karena sistem operasinya tak lagi menggunakan Tizen, melainkan Wear OS. Oh ya, Samsung tak lagi menggunakan nama 'Active' di lini smartwatchnya, mereka hanya membedakannya dengan nama Watch 4 dan Watch 4 Classic.

Secara singkat, menurut saya Watch 4 adalah smartwatch terbaik....untuk perangkat Samsung. Bagaimana jika dipasangkan dengan ponsel non Samsung? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Desain dan layar

Unit yang saya uji adalah varian Watch 4 40mm, yaitu varian dengan diameter paling kecil dibanding varian lainnya. Dibandingkan dengan varian Classic, versi yang saya uji ini tak punya bezel yang bisa diputar untuk navigasi di menunya.

Samsung Galaxy Watch 4Samsung Galaxy Watch 4 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Namun frame jam pun tetap bisa dipakai untuk bernavigasi lewat pinggiran yang touch sensitive. Hanya saja, agak sulit memang untuk beradaptasi dengan kontrolnya ini. Menggunakan layar sentuhnya terasa lebih mudah.

Bentuknya yang bulat dan desainnya yang minimalis membuat Watch 4 tampilannya bak jam konvensional. Bentuknya pun relatif tipis. Oh ya, bodi Watch 4 agak melengkung pada sambungan ke strapnya, membuat bodi dan strapnya terlihat menyatu.

Samsung Galaxy Watch 4Samsung Galaxy Watch 4 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Ada dua tombol di bagian kanan jam untuk bernavigasi dalam bentuk. Tombolnya tak terlalu dalam, namun tetap nyaman dan mudah terasa saat ditekan.

Soal ukuran, Watch 4 punya empat varian, yaitu 40mm 42mm Classic, 44mm, dan 46mm Classic. Baterai di varian 40mm dan 42mm sama, yaitu 247mAh, sementara di varian 44mm dan 46mm baterai 361mAh.

Meski perbedaan kapasitas baterai ini sebenarnya wajar mengingat ukuran layar yang berbeda, daya tahan baterai varian 40mm ini tak konsisten dan daya tahannya paling lemah dibanding varian yang lebih besar. Akan dibahas lebih dalam di bagian berikutnya.

Layar di varian 40mm ini punya resolusi 396 x 396 pixel, tingkat keterangannya memuaskan, bahkan di bawah sinar matahari. Resolusinya tinggi, tak terlihat adanya pixelation. Layar sentuhnya pun cukup sensitif, dan ada opsi untuk meningkatkan sensitivitasnya saat menggunakan sarung tangan.

Performa dan sensor ada di halaman selanjutnya