Review Samsung Galaxy Z Flip 3, Bikin Hijrah ke HP Layar Lipat

Review Samsung Galaxy Z Flip 3, Bikin Hijrah ke HP Layar Lipat

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 21 Sep 2021 09:45 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 3
Samsung Galaxy Z Flip 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Galaxy Z Flip 3 menjadi jagoan Samsung di pasar handphone premium pada paruh kedua 2021 bersama Galaxy Z Fold 3. Tak hanya membawa peningkatan spesifikasi, harganya dibuat lebih terjangkau dari pendahulunya.

Tak pelak membuat HP layar lipat ini diminati. Itu ditandai dengan tingginya angka pemesanan selama pre-order beberapa waktu lalu.

"Pemesannya sekitar sembilan kali," ujar Taufiq Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, SEIN saat penjualan perdana Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Tapi apakah Galaxy Z Flip 3 memang pantas dimiliki meski harganya kini hanya Rp 15 juta? detikINET sudah menjajalnya untuk jadi daily driver, berikut ulasan singkatnya:

Desain

Samsung Galaxy Z Flip 3Samsung Galaxy Z Flip 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy Z Flip 3 masih mengusung filosofi desain yang sama dengan pendahulunya. HP ini dilipat secara vertikal.

Ukuran HP ini ketika dibuka seperti perangkat yang ada di pasaran. Begitu dilipat dimensi jadi setengahnya, sehingga mudah dimasukkan dalam saku, bahkan disimpan dalam tas kecil yang kini tengah ngetren dipakai orang-orang.

Dalam kondisi dilipat bodi Galaxy Z Flip 3 menang jadi lebih tebal. Walau begitu masih tetap nyaman dalam genggaman, hanya perlu sedikit waktu saja untuk beradaptasi.

Samsung sepertinya menyadari kalau tampilan Galaxy Z Flip 2 terasa lebih feminin. Karena itu mereka memoles desain Galaxy Z Flip 3 menjadi lebih unisex.

Rangka dan cangkang belakangnya kini dibuat mendatar. Tampilannya memadukan dua warna sehingga lebih memikat pengguna wanita dan pria.

Sepertiga bagian atas mengusung kaca hitam, sementara dua pertiga mengusung rona warna yang dihadirkan Samsung, yakni cream, green, lavender, phantom black, gray, white dan pink.

Samsung Galaxy Z Flip 3Samsung Galaxy Z Flip 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Pada bagian cover depan ini, Samsung menyelimutinya dengan kaca Gorilla Glass Victus. Dipadukan dengan rangka Amor Aluminium membuat durabilitas Galaxy Z Flip 3 ini jauh lebih baik.

Kekokohan HP layar lipat ini begitu nyata saat berada di tangan. Kamu jadi tidak ngeri saat menggunakannya.

Engsel Galaxy Z Flip 3 sepertinya makin disempurnakan oleh Samsung, terasa begitu kuat ketika buka tutup. Tapi di satu sisi bikin kita tidak bisa membuka ponsel ini dengan satu tangan.

Terlepas dari semua pembaruan yang disebutkan tadi, paling penting adalah Galaxy Z Flip 3 sudah mengantongi sertifikat IPX68 yang artinya punya ketahanan air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Lucu sajakan bila HP harga Rp 15 juta masih tak tahan air.

Layar

Saat membukanya, layar Galaxy Z Flip 3 berukuran 6,7 inch langsung menyambut. Menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 2640 x 1080 pixel benar-benar memukau mata.

Menikmati konten di layanan streaming jadi begitu memuaskan. Tidak hanya kaya, warna yang disajikan tajam dan akurat.

Samsung Galaxy Z Flip 3Samsung Galaxy Z Flip 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kami sempat menekuk sedikit body agar bisa membuat HP ini berdiri dalam mode landscape. Ternyata malah memberikan sensasi menonton lebih menyenangkan karena bagian lekukan layar tersamarkan sama sekali.

Layar dalam Galaxy Z Flip 3 sudah mendukung refresh rate 120 Hz sehingga memberikan pengalaman lebih mulus saat menggulirkan web.

Di bagian luar ada layar kedua, Samsung memperbesar ukurannya dari sebelumnya 1,1 inch menjadi 1,9 inch. Kehadiran layar kedua ini bukanlah gimmick.

Samsung Galaxy Z Flip 3Samsung Galaxy Z Flip 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dengan ukuran layar yang lebih besar fungsinya jadi jauh lebih berguna. Kita bisa membaca isi pesan WhatsApp secara lengkap. Ini membantu menyortir mana pesan yang patut segera membalas, jadi tidak perlu sering-sering buka tutup layar bagian dalam begitu ada pesan masuk.

Keberadaan layar kedua juga membantu bikin foto dengan kamera luar. Walau tidak menampilkan preview secara utuh, setidaknya memberikan gambaran angle yang diabadikan.

@detikinet

Cara pasang wallpaper GIF di layar depan Samsung Galaxy Z Flip 3 ##galaxyzflip3 ##samsung

♬ Butter - 방탄소년단 (BTS)

Lewat layar bagian depan dapat melihat berbagai informasi melalui widget, seperti cuaca dan pengaturan musik. Agar menarik dipandang, kita dapat memasang wallpaper baik format Jpeg maupun GIF. Caranya cukup buka Settings > Cover Screen > Cover Screen.

Selanjutnya Produktivitas....