Review Poco X3 GT, Makin Kencang! - Halaman 2

Review Poco X3 GT, Makin Kencang!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 08 Sep 2021 07:21 WIB
Poco X3 GT
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Layar

Layar yang dipakai masih berjenis IPS dengan refresh rate 120Hz, dan lubang di bagian tengah untuk kamera selfie. Bedanya, kini layar tersebut dilapisi Gorilla Glass Victus terbaru, yang biasanya dipakai di ponsel kelas atas.

Ukurannya 6,6 inch, dengan resolusi FHD+ dan kompatibel dengan HDR10. Refresh rate 120Hz ini dipasangkan dengan touch sampling rate 240Hz. Ada opsi untuk membatasi refresh rate 60Hz agar baterai lebih irit, namun selama pengujian, kami membiarkan refresh rate ini pada 120Hz. Pada pengaturan ini refresh rate akan diatur secara adaptif, menyesuaikan konten yang ditampilkan.

Poco X3 GTPoco X3 GT Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Secara kualitas, panel IPS yang dipakai ini sebenarnya terasa mencukupi. Warnanya akurat, hitamnya cukup pekat, dan kecerahannya tinggi sehingga tetap nyaman dipakai di bawah terik matahari.

Hanya saja, ketika dijajarkan dengan ponsel berlayar AMOLED, tetap saja panel AMOLED lebih menarik untuk dilihat, meski dengan refresh rate lebih rendah. Agak disayangkan memang, mengingat Xiaomi sudah menggunakan panel AMOLED di ponsel yang harganya lebih murah (namun spesifikasinya memang lebih rendah).

Performa

Di sektor inilah X3 GT bersinar. Dimensity 1100 dari MediaTek menunjukkan tajinya dengan skor benchmark yang tinggi, dan performa memuaskan saat dipakai bermain game.

Dimensity 1100 ini punya delapan core yang terbagi menjadi empat core Cortex A78 2,6GHz dan empat core Cortex A55 2GHz. Dipasangkan dengan storage UFS 3.1 dan RAM LPDDRX4. Varian yang kami uji adalah versi 8GB/256GB.

Dalam uji sintetis, skornya Dimensity 1100 ini jauh menyalip Snapdragon 860 yang dipakai di X3 Pro, dan bahkan mendekati performa Snapdragon 870 yang ada di F3.

  • AnTuTu v9: 595.391
  • 3D Mark Wild Life: 4.019
  • GeekBench 5 Single Core: 729
  • GeekBench 5 Multi Core: 2.854

Benchmark Poco X3 GTBenchmark Poco X3 GT Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Benchmark Poco X3 GTBenchmark Poco X3 GT Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Tak sekadar kencang dalam uji sintetis, performanya saat bermain game pun kencang. Dari game yang relatif ringan seperti PUBG Mobile sampai yang berat seperti Genshin Impact bisa dilalap dengan pengaturan hampir paling tinggi tanpa adanya drop frame rate.

Performa kencang ini disokong oleh baterai 5.000 mAh, sedikit lebih kecil dibanding X3 Pro dan X3 NFC. Meski lebih kecil, kecepatan charger yang didukung jauh lebih tinggi, yaitu 67W. Tenang, charger 67W juga disertakan dalam paket penjualan.

Pengisian baterai dari kosong sampai penuh membutuhkan waktu tak sampai satu jam. Bahkan dalam waktu 30 menit, baterai sudah terisi sekitar 70%. Lalu, untuk penggunaan normal, baterai 5.000 mAh ini bisa dengan mudah bertahan sampai keesokan harinya, kecuali tentunya dipakai bermain game secara terus menerus.

Screen on time yang didapat secara rata-rata bisa mencapai 6 jam untuk bermacam penggunaan. Efisiensi daya ini tampaknya terbantu oleh Dimensity 1100 yang dibuat dengan pabrikasi 6nm.

Selain performa kencang, X3 GT juga punya speaker stereo yang suaranya kualitasnya di atas rata-rata ponsel sekelasnya. Mungkin ini adalah cara Poco dalam mengkompensasi hilangnya port audio 3,5mm yang sebelumnya ada di X3 NFC dan X3 Pro.

Kemampuan kamera dan kesimpulan ada di halaman terakhir