Review Realme C20: HP Harga Rp 1 Jutaan Awet untuk Media Sosial

ADVERTISEMENT

Review Realme C20: HP Harga Rp 1 Jutaan Awet untuk Media Sosial

Galih Prasetyo - detikInet
Senin, 23 Agu 2021 06:47 WIB
Realme C20
Realme C20. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Realme kembali memperkenalkan smartphonenya untuk kelas entry-level yang dijual dengan harga Rp 1 Jutaan. Ponsel yang dimaksud bernama Realme C20.

Kehadiran Realme C20 melengkapi HP series C lainnya seperti C11,C12 dan C15. Keempat HP ini sama-sama ditenagai chipset MediaTek Helio G35.

Diracik dengan RAM 2 GB, memori internal 32 GB dan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh, bagaimana performa Realme C20 dalam pemakaian sehari-hari? Simak ulasan singkatnya berikut ini

Desain

Realme C20 memiliki bodi yang dibalut dengan bahan polycarbonate. Ada dua pilihan warna yang disediakan, yakni Lake Blue dan Iron Grey. detikINET mendapatkan warna Lake Blue yang terlihat elegan.

Realme C20Realme C20 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Mengadopsi desain geometric arc dimana permukaan covernya dibuat bertekstur kasar dan halus, dipisahkan garis vertikal yang dihiasai logo Realme membuat tampilan C20 semakin kekinian.

Saat digenggam tidak terasa licin, dan tidak meninggalkan noda sidik jari pada bagian bodi belakang.

Realme C20 punya triple slot, terdiri dari dual SIM Card dan microSD yang ada pada sisi kiri layar. Sedangkan sisi kanan terdapat tombol power dan volume.

Layar

Realme C20 menawarkan bentangan layar 6,5 inch dengan resolusi 1.600 x 700 pixel. Bagian atasnya terdapat notch tetesan air yang membuat rasio screen to body mencapai 89,5%.

Realme C20Realme C20 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Smartphone ini menggunakan layar panel IPS yang akan memberikan pengalaman warna yang halus didukung kerapatan layar 270 ppi tak akan masalah ketika melihat dibawah sinar matahari. Layarnya pun sudah dilindungi corning gorila glass 3.

Realme kembali memperkenalkan smartphonenya untuk kelas entry-level yang dijual dengan harga Rp 1 Jutaan yakni Realme C20.

Selanjutnya Performa, Baterai dan Kamera

Performa

Realme C20 ini ditenagai chipset MediaTek Helio G35 dipadukan dengan RAM LPDDR4x 2 GB. Tersemat ROM 32 GB yang apabila kurang diberikan slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan internalnya.

Bagaimana performa main game? Realme C20 bisa memainkan game Mobile Legend dengan setinggan grafis di mode smooth atau medium. Hanya saja ketika dimainkan dengan waktu yang lama akan mengalami patah-patah atau lag khususnya ketika team fight. Cukup bisa dimaklumi dengan kapasitas RAM yang tidak begitu besar.

Untuk pemakaian sehari-hari seperti browsing dan sosial media tidak ada hambatan, aktifitas scrolling pun cukup lancar, namun ada kemungkinan terjadi delay ketika peralihan dari aplikasi ke home screen.

Kami juga menguji Realme C20 di aplikasi benchmark untuk melihat performanya. Berikut hasil pengujiannya:

Antutu V9: 125.474

3D Mark Sling Shot Extreme: 458

Realme C20Realme C20 Foto: Galih Prasetyo/detikINET

Realme C20 mengadopsi Realme UI berbasis Android 10 di mana terdapat beberapa fitur menarik seperti Mode Ganda Berbagi Musik, Mode Gelap dan Perlindungan Informasi Pribadi

Baterai

Realme C20 dibekali baterai dengan kapasitas besar yakni 5.000 mAh. Karena kapasitas baterai yang besar Realme C20 ini bisa jadi powerbank loh. Pengguna hanya mengaktifkan fungsi OTG untuk menyediakan pengisian daya ke ponsel lain.

Untuk pengisian baterai, ketika kami uji memerlukan waktu 2 jam 30 menit untuk pengisian dari 0-100%.

Ketika digunakan untuk entertainment seperti nonton YouTube, main game, dan bersosial media konsumsi baterai sangat hemat. Berikut hasil ujinya:

. Bermain game Mobile Legends 60 menit habiskan daya 6%

. Menonton YouTube 60 menit habiskan daya 3%

. Bermain sosial media Instagram, Facebook 60 menit habiskan daya 2%

Kamera

Realme C20 dilengkapi satu kamera depan beresolusi 5 MP, dan satu kamera belakang beresolusi 8 MP. Kemampuan kameranya standar tak ada yang menonjol.

Untuk fitur kamera Realme C20 cukup lengkap, auto HDR, mode expert dan mode malam masih kita temukan. Sayangnya, Hp ini belum mendukung sistem phase-detection auto focus atau PDAF.

Berikut hasil dari jepretan kamera Realme C20:

Realme C20Realme C20 Foto: Galih Prasetyo/detikINET
Realme C20Realme C20 Foto: Galih Prasetyo/detikINET
Realme C20Realme C20 Foto: Galih Prasetyo/detikINET
Realme C20Realme C20 Foto: Galih Prasetyo/detikINET
Realme C20Hasil kamera depan Realme C20 Foto: Galih Prasetyo/detikINET

Opini detikINET

Realme C20 menawarkan pengalaman yang menarik untuk smartphone di kelas entry-level. Sokongan Baterai 5000 mAh yang membuat Realme C20 bisa digunakan sebagai powerbank, serta chipset helio G35 yang memudahkan untuk melakukan aktifitas sehari-hari seperti browsing dan sosial media.

Realme C20 bisa didapatkan dengan harga Rp 1.249.000 dengan varian RAM 2GB dan ROM 32GB



Simak Video "Unboxing Realme GT 2 Pro, Spek Gahar Harga Rp 10 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT