HP Realme 8 5G, Layar Smooth Asoy Buat Gaming

Review Produk

HP Realme 8 5G, Layar Smooth Asoy Buat Gaming

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 17 Jun 2021 10:43 WIB
HP Realme 8 5G yang diluncurkan di Indonesia pada 16 Juni 2021. HP ini merupakan HP 5G dengan harga terjangkau.
Foto: detikINET/Aisyah
Jakarta -

Realme 8 5G resmi masuk Indonesia pada peluncuran 16 Juni 2021. Perangkat ini akan menjadi HP 5G dengan harga terjangkau. Realme 8 5G dipatok harga Rp 3 jutaan.

Kali ini, detikINET berkesempatan untuk mengulas ponsel Realme 8 5G dengan RAM 8 GB. Sebagai informasi, Realme 8 5G dibekali chipset Dimensity 700 5G Processor. Dalam box, Realme menyertakan silicon case, 18W quick charge, kabel USB Type-C, buku panduan, kartu garansi, dan SIM ejector.

Seperti apa pengalaman detikINET menjajal ponsel yang satu ini? Simak penjelasannya di bawah ini:

Desain

HP realme 8 5G memiliki bodi yang tebal (8,5 mm) dan kuat, akan tetapi tetap nyaman digenggam. HP ini juga tidak terlalu berat dengan bobot 185 gram. Ada dua varian warna, yakni Supersonic Black dan Supersonic Blue -- seperti produk yang sedang kami jajal ini. Warnanya membuat ponsel ini tampak mahal.

HP Realme 8 5G yang diluncurkan di Indonesia pada 16 Juni 2021. HP ini merupakan HP 5G dengan harga terjangkau.HP Realme 8 5G yang diluncurkan di Indonesia pada 16 Juni 2021. HP ini merupakan HP 5G dengan harga terjangkau. Foto: detikINET/Aisyah

Kamera belakang menonjol dari permukaan bodi, namun ini aman jika ponsel menggunakan case. Sensor sidik jari menyatu dengan tombol power. Sementara itu, Realme masih mempertahankan 3,5 mm headphone jack yang ada di bawah bersama port USB Type-C dan speaker.

Layar

HP Realme 8 5G punya layar yang luas dengan 6,5 inch IPS LCD. Rasio screen-to-body mencapai 83,9%.

Ketika dipakai untuk menonton YouTube atau untuk bermain game, grafik layar sangat mulus dan nyaman dilihat. Realme 8 5G memakai 90Hz Ultra Smooth Display. Untuk kualitas tampilan gambar, kontras dan warna pada ponsel ini juga terbilang baik. Memakainya di luar ruangan dengan cahaya terang masih bisa terlihat dengan jelas.

Performa HP

Sebagai informasi, Realme 8 5G menjalankan Realme UI 2.0 berbasis Android 11. Selama mengoperasikan HP ini, terasa sangat mulus ketika transisi aplikasi tanpa adanya lag. Ponsel ini juga mudah dioperasikan.

Untuk ukuran baterai dengan 5.000 mAh dan telah didukung pengisian daya cepat sebesar 18W, HP ini bisa dibilang irit baterai. Meski begitu, untuk pengisian daya, kami soroti tidak begitu cepat, mengingat kapasitas baterai juga cukup besar.

Tak ketinggalan, kami juga menjajal ponsel Realme 8 5G untuk digunakan bermain game salah satunya Free Fire. Alhasil, permainan berjalan lancar dengan setelan grafis medium.

Kamera

Realme 8 5G disuguhkan dengan tiga kamera belakang 48 MP lensa utama, 2 MP lensa makro, dan 2 MP depth sensor. Dari uji coba detikINET, kami mendapati hasil foto yang apik untuk HP berharga terjangkau meskipun tidak bisa dibilang menakjubkan. Dengan bantuan fitur AI, hasil gambar dan saturasi warna menjadi jauh lebih baik.

Berikut ini adalah hasil tangkapan detikINET menggunakan kamera Realme 8 5G:

Realme 8 5G hasil foto.Realme 8 5G hasil foto 48 MP. Foto: detikINET/Aisyah

Realme 8 5G hasil foto.Realme 8 5G hasil foto lensa utama. Foto: detikINET/Aisyah

Hasil foto Realme 8 5G.Hasil foto Realme 8 5G mode malam (night mode). Foto: detikINET/Aisyah
Realme 8 5G hasil foto.Realme 8 5G hasil foto lensa utama. Foto: detikINET/Aisyah
Realme 8 5G hasil foto.Realme 8 5G hasil foto lensa makro. Foto: detikINET/Aisyah

Kesimpulan

HP Realme 8 5G bisa jadi pilihan ponsel 5G yang menarik. Dengan harga yang terjangkau, fitur yang ada di dalam ponsel ini bisa dibilang sudah cukup baik. Hanya saja, untuk melakukan pengisian daya memang butuh waktu yang tidak sebentar -- meski tidak terlalu lama. Semua kembali lagi kebutuhan, jika itu tidak menjadi masalah, maka tidak ada salahnya untuk menjadi Realme 8 5G sebagai salah satu opsi ponsel 5G idaman.

(ask/ask)