Review Oppo A74 5G, HP 5G Termurah di Indonesia Berkinerja Oke - Halaman 3

Review Oppo A74 5G, HP 5G Termurah di Indonesia Berkinerja Oke

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 21:42 WIB
Oppo A74 5G
Oppo A74 5G. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

Oppo A74 5G menjadi perangkat pertama di Indonesia yang mengusung Snapdragon 480. Berkat chipset, ponsel ini bisa terkoneksi dengan jaringan 5G, baik Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA).

Kondisi tersebut pengguna untuk tetap dapat menggunakan ponsel setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa harus membeli perangkat baru. Terlepas dari itu dengan dukungan 5G, pengguna dapat menikmati koneksi super cepat, bayangkan video resolusi tinggi dapat didownload dalam hitungan detik saja.

Tapi pengguna Oppo A74 5G harus bersabar. Semua itu baru bisa dicicipi ketika Indonesia sudah tersedia jaringan seluler generasi kelima itu. Untuk sementara Oppo mengunci menggunakan software, dan akan dibuka begitu 5G hadir di Indonesia, atau tengah berada di negara yang sudah tersedia jaringan tersebut.

Namun yang penasaran bagaimana kemampuan Snapdragon 480 sendiri? Sedikit informasi chipset terdiri dari 2 x 2.0 GHz ARM Cortex-A76 CPU dan 6 x 1.8 GHz ARM Cortex-A55. Konon peningkatan performanya 100% dari pendahulunya.

Saat kami menggunakan bermain Call of Duty (COD) Mobile, HP ini menyuguhkan kinerja lancar tanpa lag. Bahkan saat settingan grafisnya High dan Frame Rate Rate Max, Oppo A74 5G masih menghajarnya.

detikINET sempat melakukan benchmark menggunakan sejumlah aplikasi. Hasilnya bisa dilihat di bawah ini:

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: screenshot/detikINET

detikINET mencoba tes menggunakan Antutu, Oppo A74 5G menorehkan skor total 253174. Angkanya tidak terpaut jauh dengan raihan Oppo Reno5, yakni 253174.

Oppo A74 5G juga diuji menggunakan Geekbench dan PC Mark, hasilnya juga terbilang tinggi untuk Snapdragon Seri 4 sebelumnya.

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: screenshot/detikINET

Untuk mengurangi panas berlebihan ketika digunakan, Oppo A74 5G dibekali Multi-Cooling System dengan menggunakan beberapa tabung grafit tebal. Sistem ini membuat pembuangan panas lebih efisien sekaligus memungkinkan ponsel ini mengontrol suhu secara mandiri.

Baterai

Baterai yang tersemat di Oppo A74 5G berkapasitas 5.000 mAh. Oppo membekali fitur pengisian cepat 18W, dapat mengisi 68% hanya 60 menit.

Saat digunakan normal, durasi penggunaan ponsel ini cukup lama. Saat pagi terisi penuh di pagi hari, kami baru mengisi ulang lagi pagi esoknya. Dan ini sejalan dengan hasil uji PC Mark Work 2.0 Battery Life mencatat hingga lebih dari 19 jam.

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: screenshot/detikINET

Ponsel ini diberikan fitur All-around Smart Power Saving yang membantu melakukan penghematan daya. Selain itu terdapat Super Nighttime Standby untuk mengurangi konsumsi daya ponsel dengan mempelajari kebiasaan tidur pengguna, sehingga hanya menguras 2% daya pada malam hari dalam siklus tidur 8 jam.

Opini detikINET

Oppo A74 5GOppo A74 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Oppo A74 5G begitu menarik. Sebab Snapdragon 480 yang dipandang sebelah mata menyuguhkan performa yang sangat baik. Menjalankan tugas keseharian lancar, demikian pula saat dipakai bermain game.

Tapi adanya Oppo A74 5G ini membuat masyarakat dapat membeli ponsel 5G dengan harga hanya Rp 3 jutaan. Meskipun jaringannya belum tersedianya di Indonesia, setidaknya adanya ponsel ini dapat membantu penetrasi perangkat 5G di Tanah Air.

Sehingga begitu sinyal 5G sudah tersedia dapat langsung dinikmati oleh masyarakat dengan ponselnya.

(afr/fay)