Review G-Shock GBD-100SM: Evolusi G-Shock Lebih Modern - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Review

Review G-Shock GBD-100SM: Evolusi G-Shock Lebih Modern

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 11 Apr 2021 17:09 WIB
Casio G-Shock GBD-100SM
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Konektivitas

GBD-100SM bisa dihubungkan dengan smartphone pengguna. Caranya, download aplikasi G-Shock Move di toko aplikasi secara gratis. Apabila sudah diunduh, maka aktifkan fitur Bluetooth yang ada GBD-100SM, setelah itu tersambung.

Begitu sudah terhubung, kalian bisa mengatur notifikasi dari smartphone yang ingin dimunculkan di jam tangan. Sebab, jika tidak diatur, maka notifikasi di GBD-100SM akan menumpuk, mulai dari pesan WhatsApp, email, atau notifikasi dari aplikasi-aplikasi di ponsel.

Font yang muncul di jam tangan G-Shock ini tidak terlalu kecil maupun besar dan itu sudah diatur sejak awal, kalian tidak bisa memperbesarkannya atau memperkecilnya.

Untuk membaca notifikasi ini juga tidak bisa leluasa, karena fungsinya memang untuk 'memberitahu' pengguna akan notifikasi di smartphone pengguna. Pesan notifikasi di GBD-100SM memang tidak semuanya muncul semua, hanya pokok intinya saja.

Di GBD-100SM ada pengaturan untuk home time, time adjust, world time, alarm, profile, beep, light, vibration, pairing, airplane mode, hingga phone find.

Berbicara daya tahannya, Casio menggunakan baterai CR2032 yang diklaim dapat bertahan hidup selama dua tahun. Sedangkan daya ketahanan air 200 meter.

Casio G-Shock GBD-100SMCasio G-Shock GBD-100SM Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Fitur

Dari segi fungsi, teknologi Bluetooth di jam tangan ini memungkinkan akses GPS di smartphone untuk kalibrasi pengukuran jarak yang lebih cepat. Setelah kalibrasi selesai, GBD-100SM dapat melakukan pengukuran jarak lari yang lebih akurat, bahkan saat tidak lagi terhubung ke ponsel.

Pengukuran jarak yang digunakan bersama dengan pengukuran waktu lari memungkinkan melacak tempo lari pengguna, dan juga memungkinkan penggunaan fitur Putaran Otomatis yang secara otomatis melacak waktu pada jarak tertentu.

Fitur standar lainnya termasuk pelacak langkah (pedometer), pengatur waktu interval (masing-masing hingga 20 set untuk lima pengatur waktu), pengukuran waktu putaran (hingga 140 catatan untuk 100 kali lari), dan pengukuran kalori yang terbakar, yang semuanya mendukung latihan harian Anda.

Selain itu, aplikasi ponsel baru kini tersedia untuk membantu mengkonfigurasi pengaturan jam tangan dan mengelola latihan Anda dengan lebih mudah. Log Kehidupan dan Riwayat Aktivitas, dapat secara otomatis membuat rencana latihan berdasarkan target yang sudah ditentukan.

Fitur di atas sesungguhnya bisa ditemukan jam tangan merek lainnya. Namun hal ini adalah hal baru bagi G-Shock untuk lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman, tanpa mengurangi ciri khasnya.

Casio G-Shock GBD-100SMTampilan di aplikasi G-Shock Move Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Kesimpulan

Keunggulan
- Khas G-Shock masih melekat pada GBD-100SM
- Fitur modern untuk menunjang kebutuhan olahraga
- Data terhubung dan bisa dipantau di smartphone
- Ringan
- Ramah di kantong bila dibandingkan G-Shock dengan sejenisnya

Kekurangan
- Tidak berwarna
- Untuk membaca notifikasi yang masuk agak sulit

Casio sudah memasarkan G-Shock GBD-100SM di Indonesia yang dapat diperoleh di toko resmi Casio seluruh Indonesia dan website resmi Casio Indonesia di shopcasio.fjbl.co.id dengan harga Rp 2.829.000

(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT