Review Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian

Review Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Mar 2021 07:45 WIB
Realme Narzo 30a
Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Realme Narzo 30A jadi ponsel pertama yang diluncurkan Realme di Indonesia tahun ini. Ponsel entry level ini mengunggulkan baterai yang besar dan chipset Mediatek Helio G85 yang cocok untuk gaming dengan harga Rp 1 jutaan.

Lantas bagaimana performanya dalam penggunaan sehari-hari? Apakah harganya yang terjangkau membuat Realme Narzo 30A worth it? Yuk simak ulasan berikut ini.

Desain

Seperti ponsel entry level kebanyakan, Realme Narzo 30A memiliki bodi yang dibalut dengan plastik. Tapi Realme memberi beberapa sentuhan yang membuat desainnya lebih menonjol.

Dua pertiga bagian belakangnya dihiasi dengan garis-garis diagonal yang sekilas terlihat bergelombang. Bagian ini juga memiliki tekstur bergaris yang membuat ponsel tidak licin dan lebih mantap digenggam.

Bodi ponsel ini cukup tebal dan berat karena harus memuat baterai yang besar. Tapi ponsel ini tetap nyaman digenggam berkat desain bingkai ponsel yang dibuat melengkung.

Kamera belakang Realme Narzo 30A disusun dalam modul berbentuk kotak yang jika dilihat sekilas terdiri dari tiga kamera belakang dan satu flash. Tapi desain ini cukup mengecoh karena sebenarnya ponsel ini hanya memiliki dua kamera belakang, dan lingkaran satunya lagi adalah dummy dengan tulisan 'AI'.

Realme Narzo 30aRealme Narzo 30a Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Di bagian belakang ponsel juga terdapat sensor sidik jari yang kerjanya cukup responsif. Ada baiknya posisi sensor sidik jari ini sedikit diturunkan agar lebih mudah dijangkau oleh pengguna dengan jari yang pendek.

Realme menempatkan tombol power dan volume di sisi kanan, serta slot kartu SIM dan microSD di sisi kiri. Di bagian bawah ponsel terdapat port USB-C, speaker dan headphone jack 3,5 mm.

Layar

Layar Realme Narzo 30A menggunakan desain notch tetesan air untuk menempatkan kamera depannya. Layarnya pun cukup lapang dengan diagonal 6,5 inch dan rasio 20:9, meski memiliki bezel yang cukup tebal di bagian bawah.

Dengan resolusi layar HD+, Realme Narzo 30A bisa menampilkan konten video dengan kualitas seadanya. Kualitas video YouTube mentok di 1080p dan Netflix hanya bisa memutar video berkualitas SD.

Untuk melengkapi pengalaman multimedia, ponsel ini dilengkapi dengan satu speaker di bagian bawah. Kualitasnya cukup memuaskan, walau agak sedikit cempreng begitu volume video atau musik dibesarkan.

Performa

Realme Narzo 30A menggunakan chipset Mediatek Helio G85 yang ditujukan untuk gaming. Unit yang kami review dilengkapi dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Kalau masih kurang tersedia slot microSD yang mendukung hingga 256GB.

Untuk menguji jeroan ini, kami mencoba memainkan dua game yaitu PUBG Mobile dan Genshin Impact. Memainkan PUBG Mobile hanya bisa dengan grafis HD dan frame rate High, tapi game ini bisa dimainkan dengan lancar dan tanpa lag

Lain halnya saat memainkan Genshin Impact. Bahkan dengan kualitas grafis paling rendah game terasa sangat berat dan sering terjadi stuttering. Hal ini sebenarnya wajar karena Genshin Impact membutuhkan spesifikasi yang tinggi agar bisa dimainkan dengan optimal.

Tapi secara keseluruhan, performa Realme Narzo sudah cukup untuk kegiatan sehari-hari. Multitasking dan berpindah aplikasi bisa dilakukan dengan mulus.

Kami juga menguji Realme Narzo 30A di aplikasi benchmark untuk melihat performanya di atas kertas. Berikut hasil pengujian di aplikasi AnTuTu, Geekbench dan PCMark.

Hasil foto dan benchmark Realme Narzo 30AHasil uji benchmark Realme Narzo 30A Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Untuk mendukung kinerjanya, Realme narzo 30A dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas besar yaitu 6.000 mAh. Dalam pengujian, daya tahan baterai ini sangat luar biasa dan sulit dihabiskan dalam sehari.

Baterai yang masih penuh di pagi hari masih tersisa sekitar 40% di malam hari setelah digunakan untuk menonton video, main game dan mengakses media sosial.

Mengisi ulang baterai bisa dilakukan dengan pengisian cepat 18W. Karena kapasitas baterai yang besar, durasi pengisian memakan waktu cukup lama sekitar 2,5 jam. Tapi untungnya baterai yang besar ini membuat ponsel tidak perlu sering diisi ulang.

Realme Narzo 30A menjalankan sistem operasi Android 10 yang dibalut Realme UI. Antarmuka ini mudah dioperasikan dan memiliki banyak fitur bermanfaat, termasuk Super Power Saving Mode yang bisa menghemat daya secara ekstrem dengan membatasi fitur ponsel.

Sayangnya, ponsel ini memuat banyak aplikasi bawaan yang beberapa di antaranya sering menghadirkan notifikasi yang mengganggu setiap hari. Beberapa aplikasi bawaan ini ada yang bisa dihapus, tapi ada juga yang tidak. Untungnya untuk aplikasi yang notifikasinya bawel bisa di-mute dengan mudah.

Kamera

Realme Narzo 30A dibekali dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan depth sensor 2 MP. Untuk mengambil selfie tersedia kamera depan 8 MP.

Hasil tangkapan kamera utamanya cukup bagus untuk ponsel di kelasnya, terutama saat mengambil foto dalam keadaan cahaya yang cukup. Ada night mode khusus untuk mengambil foto dalam keadaan minim cahaya, tapi performanya tidak begitu memuaskan.

Bicara soal night mode, Realme menyertakan tiga filter keren yaitu Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold. Jika digunakan dengan tepat, filter-filter ini bisa menghasilkan foto yang ciamik nan aestetik untuk diposting di media sosial.

Depth sensor yang disediakan cukup bagus dalam mengisolasi objek dan memberikan blur yang tidak berlebihan. Berikut beberapa hasil foto yang diambil menggunakan Realme Narzo 30A.

Hasil foto dan benchmark Realme Narzo 30AHasil foto Realme Narzo 30A Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Hasil foto dan benchmark Realme Narzo 30AHasil foto dengan depth sensor Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Hasil foto dan benchmark Realme Narzo 30AHasil foto jarak dekat Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Hasil foto dan benchmark Realme Narzo 30AHasil foto Night Mode Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Hasil foto dan benchmark Realme Narzo 30AHasil foto Night Mode dengan filter Cyberpunk Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET


Opini detikINET

Dengan harga Rp 1.899.000, Realme Narzo 30A terbilang multitalenta. Dengan chipset Helio G85, RAM 4GB dan baterai 6.000 mAh, ponsel ini cocok untuk mereka yang mencari gadget dengan harga terjangkau tapi spesifikasinya tidak 'kentang' alias kena tanggung.

Fitur pendukungnya juga memadai, seperti kamera yang cukup baik, sensor sidik jari yang responsif dan desain yang menarik. Intinya, Realme Narzo 30A cocok untuk yang hobi mabar sampai berjam-jam tanpa perlu bingung kehabisan baterai.

(vmp/afr)