Review Asus ROG Phone 5, HP Gaming Terbaik Saat Ini

Review Asus ROG Phone 5, HP Gaming Terbaik Saat Ini

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 10 Mar 2021 22:35 WIB
Asus ROG Phone 5
Asus ROG Phone 5. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Asus kembali memperbarui lini handphone (HP) gamingnya. Dengan spesifikasi ditingkatkan dan sejumlah fitur diperbarui membuat ROG Phone 5 menjadi HP gaming terbaik saat ini.

Setidaknya itu berdasarkan pengalaman detikINET menjajal ROG Phone 5 versi global yang dipinjamkan Asus Indonesia. Kami menjajalnya selama sepekan ini.

Ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Semua terangkum dalam review singkat berikut ini:

Desain

Asus mengubah tampian ROG Phone 5 dari pendahulunya. Seluruh permukaannya masih berlapis kaca, tapi tidak ada lagi lubang ventilasi yang selama ini menghiasi bagian belakang HP gaming ini.

Ada dua varian warna yang disodorkan Asus, hitam dan putih. Varian yang dipinjamkan ke detikINET berwarna putih.

Tak ada kesan gahar, tapi tetap menarik. Apalagi Asus mengadopsi desain dotted matrix, mengingatkan kita pada tampilan menawan laptop ROG Zephyrus.

Kian menarik RGB Lightning di bagian belakang bodi kini bisa menampilkan dua warna yang berbeda secara serentak. Sehingga dapat menampilkan gradasi warna yang memikat.

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Asiknya warna RGB Lightning dapat dikustomisasi sesuai keinginan pengguna. Pengaturannya dapat dilakukan dengan mudah di X Mode.

Sedikit keluhan cangkang bagian belakangnya yang berbalut kaca, terasa begitu licin dalam genggaman meski kondisi tangan tidak berkeringat. Untung dalam paket penjualannya Asus memberikan case yang bikin HP ini tidak mudah tergelincir dari tangan.

Tapi tidak hanya desain HP-nya saja yang coba dibuat tampilan berbeda. Asus mengemas kotak kemasan dengan sentuhan anime. Selain itu tersedia Theme Park yang menawarkan tema dari game populer sehingga menegaskan kalau ROG Phone 5 ini adalah HP gaming sesungguhnya.


Layar dan Audio

Suguhan layar ROG Phone 5 ini benar-benar memanjakan mata gamer. Bentangannya 6,6 inch, bikin lega saat bermain game.

Warna yang disajikan pun kaya, tajam dan detail. Ini berkat penggunaan panel AMOLED E4 buatan Samsung yang menyuguhkan 1 miliar warna.

ROG Phone 5ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tampilan game pun begitu smooth, dan layar pun begitu responsif. Bikin main game Call of Duty (COD) Mobile selalu menang dan didapuk sebagai penembak dengan skor tertinggi.

Semua itu berkat layar ROG Phone 5 yang punya fitur refresh rate 144 Hz, response time 1 ms. Selain itu HP ini dibekali touch sampling rate 300 Hz dan touch latency 24,3 ms yang diklaim terendah di dunia.

Tak hanya mata, indra pendengaran pun ikut dimanjakan, alhasil pengalaman gaming yang lebih maksimal, Asus memoles kualitas speaker ROG Phone 5 dengan menerapkan dual front facing stereo speaker yang simetris.

Asus menyebut ukuran speaker yang dipakai 35% lebih besar dari seri terdahulunya. Ini membuat audio yang dikeluarkan 21% lebih lantang dari sebelumnya.

ROG Phone 5ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Benar saja ketika kami menggunakan untuk bermain game, suara yang keluar dari speaker begitu nendang. Kegiatan streaming video di Netflix ataupun Disney+ Hotstar ikut terpuaskan karena suaranya begitu yahud.

Saat acara peluncuran, Asus sempat menjelaskan kalau speaker HP barunya mendapat dukungan Hi-Res Audio serta Qualcomm aptX Adaptive. Dan Asus kembali menyertakan port jack audio 3,5 mm yang sebelumnya absen, bahkan dipadukan dengan fitur DAC (digital-to-analog converter) ESS, membuat kualitas suaranya makin terdongkrak saat menggunakan earphone kabel.

ROG Phone 5 turut diberikan dukungan DIRAC. Tersedia AudioWizard dengan empat mode suara, yakni dynamic, cinema, music dan game. Namun pengguna masih bisa melakukan kustomisasi sesuai seleranya.

Dan yang menarik DIRAC membawa MIMO Mixes phase correction untuk optimalisasi speaker. Selain itu ada MIMO Cross-talk cancellation untuk sound stage yang lebih luas.

Selanjutnya Kamera...

Kamera

KendatiROG Phone 5 adalah HP gaming,Asus membekali tiga kamera yang mumpuni. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX686 64 MP yang dapat merekam video hingga 8K. Dua kamera lainnya adalah ultra-wide 13MP (125 derajat) dan makro 5MP.

Dalam pencahayaan yang baik, foto akan terlihat tajam dan detail, dengan kamera sudut lebar memberikan beberapa hasil yang sangat baik. Demikian pula hasil kamera selfie yang berukuran 24 MP.

Berikut hasilnya:

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ROG Phone 5Foto makro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ROG Phone 5Wide Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ROG Phone 5Ultrawide Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ROG Phone 5Mode normal di kondisi minim cahaya. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ROG Phone 5Menggunakan mode malam di kondisi minim cahaya. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ROG Phone 5Foto di malam hari dengan cahaya cukup. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selanjutnya Performa dan Fitur Gaming...

Performa

Asus memodali dengan chipset tergahar saat ini di ponsel Android, yakni Snapdragon 888. Unit yang dipinjamkan ke detikINET punya RAM 16 GB dan ROM 256 GB.

Racikan tersebut menyuguhkan kinerja yang sangat cepat. Bahkan dengan atau tanpa X Mode, bermain game di ponsel ini mulus.

Kami sempat memainkan Genshin Impact dengan 60fps lancar tanpa ngelag. Demikian pula PUBG Mobile dan Mobile Legends dengan settingan rata kanan dilibas tanpa kendala sedikit pun.

detikINET sempat melakukan pengujian dengan Antutu, PCMark dan 3D Mark. Hasilnya di atas ponsel flagship yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Berikut hasilnya:

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Fitur Gaming

Dengan dapur pacu yang sangat mumpuni, layar AMOLED dengan refresh rate 144 Hz dan speaker stereo membuat pengalaman bermain game di ROG Phone 5 ini begitu memuaskan. Apa lagi ada fitur AirTrigger 5, bermain COD Mobile kian dimudahkan, tapi memang perlu adaptasi terutama bagi gamer yang terbiasa menembak menggunakan tombol pada layar.

Pengalaman seru kami rasakan ketika mengaktifkan fitur Audio Haptic. Ketika melakukan penembakan atau diserang musuh, kami merasakan getaran pada tombol di layar. Seolah sedang menggunakan controller saat bermain game di konsol.

Ada sejumlah fitur gaming lain yang disediakan Asus. Ada pula Soout Mode yang mengubah warna tampilan layar guna memudahkan mencari target saat bermain game.

ROG Phone 5 punya tombol tersembunyi, yakni Rear Touch. Letaknya di bagian belakang bagian bawah (mode landscape) yang dapat digunakan sebagai tombol L1/L2.

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 menggunakan Kunai 3 GamePad. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Asus memberikan HyperFusion Technology membuat koneksi terbaik untuk bermain game. Pengguna dapat berganti koneksi WiFi dan seluler dengan mudah. Menariknya ROG Phone 5 mendukung koneksi WiFi 6E yang terbaru dengan kemampuan download dan upload lebih ngebut.

Kami sempat menjajal bermain game menggunakan ROG Kunai 3. Aksesori ini hadir dengan casing khusus untuk dipasang ROG Phone 5, lalu kedua sisinya dipasang gamepad bergeser seperti pengontrol Nintendo Switch. Auto mengubah ROG Phone 5 jadi konsol game seluler top-of-the-line.

Bermain game menggunakan Kunai 3 Gamepad juga tak kalah asik. Tapi memang sebagai gamer pemula kami harus beradaptasi dan pengaturannya dilakukan manual.

Selanjutnya baterai....

Baterai

ROG Phone 5 dibekali baterai yang cukup jumbo, kapasitasnya 6.000 mAh. Asus menerapkan dual cell baterai yang masing-masing 3.000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, ROG Phone 5 dengan refresh rate 60Hz mampu bertahan belasan jam. Tapi ketika layar ter-setting 144Hz, daya baterai lebih cepat terkuras. Apa lagi digunakan intens untuk bermain game.

Untungnya diberikan fitur pengisian cepat 65W. Walaupun tidak secepat tetangga yang menggunakan fitur yang sama, setidaknya ROG Phone 5 bisa terisi 60% hanya 30 menit dan penuh dalam waktu 50 menit.

Asus turut melengkapi fitur management baterai. Ada steady charging yang membuat pengisian aman meski sembari tidur di malam hari.

Selain itu diberikan fitur Charging Upper Limit untuk membatasi berapa persentase baterai terisi penuh. Misalnya tersetting 90%, maka setelah sampai di persentase tersebut baterai tidak akan men-charging lagi.

Menariknya ada fitur Scheduled Charging, untuk membuat jadwal pengisian ulang. Untuk para gamer diberikan fitur Bypass Charging untuk memberikan daya pada perangkat tanpa menguras isi baterai saat bermain.

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Opini detikINET

Asus ROG Phone 5 membawa peningkatan signifikan dari pendahulunya. Alhasil pengalaman gaming mobile jadi terasa makin maksimal.

Tapi kami sarankan untuk menggunakan casing, selain karena permukaan bagian belakang begitu licin saat digenggam, panas saat bermain game bikin tak nyaman di tangan. Bila ada dana tambahan ada baiknya menggunakan aksesori Aeroactive Cooler 5 yang dapat menurunkan panas pada bodi hingga 15 derajat Celcius.

Kami mengharapkan Asus memberikan mendukung wireless charger dan sudah tahan air pada jagoan terbarunya ini. Tetapi kemampuan tersebut masih absen tidak mengurangi ROG Phone 5 sebagai ponsel gaming terbaik saat ini.

Spesifikasi Asus ROG Phone 5
Rilis:Maret 2021
Dimensi:172.8 x 77.3 x 10.3 mm
Layar:6,78 inch AMOLED Full HD+, 144 Hz, HDR 10+
Pelindung LayarGorilla Glass Victus
Chipset:Snpadragon 888
GPU:Adreno 660
RAM:8 GB/ 12 GB/ 16 GB
Storage Internal:128 GB/256 GB
Kamera Belakang:64 GB IMX686, 13 MP ultra-wide, 5 MP makro
Kamera Depan:24 MP
Kartu SIM:Dual SIM
Baterai:6.000 mAh + fast charging 65W
Konektivitas:5G, 4G, WiFi 6E, Bluetooth 5
Warna:Hitam dan Putih
Harga:Mulai dari 799 euro atau Rp 13,7 juta

(afr/afr)