Review Asus ROG Phone 5, HP Gaming Terbaik Saat Ini - Halaman 3

Review Asus ROG Phone 5, HP Gaming Terbaik Saat Ini

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 10 Mar 2021 22:35 WIB
Asus ROG Phone 5
Asus ROG Phone 5. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

Asus memodali dengan chipset tergahar saat ini di ponsel Android, yakni Snapdragon 888. Unit yang dipinjamkan ke detikINET punya RAM 16 GB dan ROM 256 GB.

Racikan tersebut menyuguhkan kinerja yang sangat cepat. Bahkan dengan atau tanpa X Mode, bermain game di ponsel ini mulus.

Kami sempat memainkan Genshin Impact dengan 60fps lancar tanpa ngelag. Demikian pula PUBG Mobile dan Mobile Legends dengan settingan rata kanan dilibas tanpa kendala sedikit pun.

detikINET sempat melakukan pengujian dengan Antutu, PCMark dan 3D Mark. Hasilnya di atas ponsel flagship yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Berikut hasilnya:

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Fitur Gaming

Dengan dapur pacu yang sangat mumpuni, layar AMOLED dengan refresh rate 144 Hz dan speaker stereo membuat pengalaman bermain game di ROG Phone 5 ini begitu memuaskan. Apa lagi ada fitur AirTrigger 5, bermain COD Mobile kian dimudahkan, tapi memang perlu adaptasi terutama bagi gamer yang terbiasa menembak menggunakan tombol pada layar.

Pengalaman seru kami rasakan ketika mengaktifkan fitur Audio Haptic. Ketika melakukan penembakan atau diserang musuh, kami merasakan getaran pada tombol di layar. Seolah sedang menggunakan controller saat bermain game di konsol.

Ada sejumlah fitur gaming lain yang disediakan Asus. Ada pula Soout Mode yang mengubah warna tampilan layar guna memudahkan mencari target saat bermain game.

ROG Phone 5 punya tombol tersembunyi, yakni Rear Touch. Letaknya di bagian belakang bagian bawah (mode landscape) yang dapat digunakan sebagai tombol L1/L2.

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 menggunakan Kunai 3 GamePad. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Asus memberikan HyperFusion Technology membuat koneksi terbaik untuk bermain game. Pengguna dapat berganti koneksi WiFi dan seluler dengan mudah. Menariknya ROG Phone 5 mendukung koneksi WiFi 6E yang terbaru dengan kemampuan download dan upload lebih ngebut.

Kami sempat menjajal bermain game menggunakan ROG Kunai 3. Aksesori ini hadir dengan casing khusus untuk dipasang ROG Phone 5, lalu kedua sisinya dipasang gamepad bergeser seperti pengontrol Nintendo Switch. Auto mengubah ROG Phone 5 jadi konsol game seluler top-of-the-line.

Bermain game menggunakan Kunai 3 Gamepad juga tak kalah asik. Tapi memang sebagai gamer pemula kami harus beradaptasi dan pengaturannya dilakukan manual.

Selanjutnya baterai....