Review Kamera Oppo Reno 4F Buat Milenial Eksis di Medsos

Review Kamera Oppo Reno 4F Buat Milenial Eksis di Medsos

Enche Tjin, - detikInet
Senin, 07 Des 2020 09:10 WIB
Oppo Reno4 F
Oppo Reno4 F. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Oppo Reno 4F ini termasuk ponsel kelas menengah dengan harga yang cukup terjangkau. Saat diluncurkan, ponsel ini harganya Rp 4.3 juta, saat saya menulis review ini, harganya sudah cukup terjangkau yaitu Rp 3 jutaan.

OPPO Reno4 FReview OPPO Reno4 F. Foto: dok. OPPO Indonesia

Sebelum masuk ke kualitas kameranya, saya ingin membahas sedikit tentang desain ponselnya. Kamera ini termasuk ringan (164g) dan tipis (7.48mm) dengan desain yang cukup minimalis dengan susunan empat kamera yang rapi di pojok kiri atas.

Chipset yang digunakan ponsel ini adalah dari Mediatek Helio P95 dengan pilihan RAM 8GB yang cukup baik untuk AI maupun computational photography. Teknologi yang digunakan yaitu 12nm dan didukung baterai fast charging berkapasitas 4000mah

Terdapat 4 kamera di ponsel ini, tapi yang praktis untuk digunakan hanya dua, yaitu yang 48 MP (12MP) 1/2" 26mm dan 8MP ultra wide 16mm 1/2.2". Dua lainnya adalah depth sensor untuk mendeteksi jarak.

Oppo Reno4 FReview Oppo Reno4 F. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Hasil dari fitur ultra wide sebelum dan setelah di-crop untuk menunjukkan hasil lebih detail.

review oppo reno 4fReview Oppo Reno 4F. Foto: Dok. Enche Tjin

review oppo reno 4fReview Oppo Reno 4F. Foto: Dok. Enche Tjin

review oppo reno 4fReview Oppo Reno 4F. Foto: Dok. Enche Tjin

review oppo reno 4fReview Oppo Reno 4F. Foto: Dok. Enche Tjin

Performa kamera wide yang standar bagus, secara umum warnanya cerah dan saturasinya tinggi di kondisi cahaya terang ataupun gelap. Gambar terlihat tajam saat ditampilkan di layar monitor ponsel, tapi kalau di perbesar atau ditampilkan di layar monitor besar terlihat kurang detail.

Hasil foto ultrawide hanya 8mp saja, praktis untuk pemandangan yang sangat luas dan arsitektur. Sayangnya hanya 8MP saja dan bukaan lensanya tidak terlalu besar, jadi bagian tepi gambar-nya kurang tajam, dan kalau kondisi cahaya gelap kurang detail.

review oppo reno 4freview oppo reno 4f Foto: Dok. Enche Tjin

review oppo reno 4freview oppo reno 4f Foto: Dok. Enche Tjin

review oppo reno 4fperbandingan dengan lensa wide standar di posisi yang sama. Foto: Dok. Enche Tjin

Desain antarmuka kamera ponsel ini sendiri cukup familiar bagi yang pernah menggunakan kamera Android, ada mode foto, portrait, simulasi bukaan besar dan lain-lain.

Di mode Portrait Oppo Reno 4F ini punya fitur yang unik, yaitu AI Color Portrait. Saat digunakan, kamera akan mendeteksi subjek orang dan membuat latar belakangnya menjadi hitam putih. Setelah mencoba, mode AI Color Portrait ini ada kelemahannya, juga yaitu kadang-kadang deteksi subjeknya kurang rapi, ada bagian subjek jadi abu-abu.

review oppo reno 4fKanan adalah crop 100% dari foto disebelah kiri. Kadang-kadang seleksi sensor kamera kurang sempurna Foto: Dok. Enche Tjin

Juga ada AI Flare yang membuat foto portrait dengan bola-bola bokeh yang berwarna-warni dan berukuran lebih besar dari biasanya. Fitur ini cocok digunakan di malam hari atau di kondisi yang agak remang-remang dengan lampu-lampu seperti lampu jalan atau lainnya.

review oppo reno 4fKanan adalah crop 100% dari foto di sebelah kiri. Kadang-kadang seleksi sensor kamera kurang sempurna. Foto: Dok. Enche Tjin

review oppo reno 4fKiri: Oppo Ai color, kanan: Ai flare Foto: Dok. Enche Tjin

Foto yang di hasilkan ponsel ini cukup baik di kondisi yang terang dan di kondisi kontras tinggi seperti pemandangan saat matahari terbit. Software dalam ponsel bisa menyeimbangkan dan melindungi bagian yang terang dan gelap dengan cukup baik dan menghasilkan warna yang vibrant (cerah). Tapi kelemahannya jika kita perbesar bagian yang gelap, maka tekstur dan detail berkurang, untungnya jika ditampilkan di monitor yang kecil atau ponsel gambar terlihat tajam.

review oppo reno 4freview oppo reno 4f Foto: Dok. Enche Tjin

review oppo reno 4freview oppo reno 4f Foto: Dok. Enche Tjin

Kesimpulannya kamera ponsel Oppo Reno 4F ini cukup baik sebagai ponsel kelas menengah yang terjangkau. Cocok untuk generasi muda yang kreatif dan selalu aktif dalam memotret dan merekam video untuk sosial media, tapi bukan untuk dicetak atau ditampilkan di monitor berukuran besar.



Simak Video "Ini Dia Perbedaan Spesifikasi Oppo A74 dan A74 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)