Oppo ColorOS 11, Elegan dan Kustomisasinya Juara - Halaman 2

Review

Oppo ColorOS 11, Elegan dan Kustomisasinya Juara

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 12:05 WIB
ColorOS 11
HP Oppo dengan ColorOS 11. Foto: fyk

Fitur-fitur Menarik Lainnya

Selain kemudahan kustomisasi, berbagai hal unik namun berguna ada di Color OS 11. Misal Three Finger Translate di mana pengguna dapat screenshoot layar dengan menyapu tiga jari dari atas ke bawah secara bersamaan, kemudian menterjemahkan bahasa menggunakan Google Lens.

Lalu ada Oppo Relax 2.0, semacam fitur untuk memberi ketenangan dengan suara. Pengguna dapat memilih berbagai suara, termasuk natural, urban, ASMR, atau kegiatan sehari-hari yang diubah untuk meredakan stress. Suara dari beberapa kota dunia juga ada, mencakup Beijing, Shenzhen, Bangkok, Tokyo, dan Reykjavik.

ColorOS 11ColorOS 11. Foto: istimewa

Sedangkan fitur Flexdrop memudahkan multitasking. Beralih antara aplikasi juga akan lebih mudah dengan fitur ini. Misalnya pengguna bisa mengetik chat sembari melakukan zoom meeting dalam satu waktu bersamaan. Atau juga membuka file laporan kerja sambil mendengarkan musik.

Di sektor baterai, fitur super power saving mode terbaru dihadirkan. Pengguna bisa memilih 6 aplikasi untuk tetap dijalankan saat baterai akan habis. Fitur ini juga otomatis menghentikan pengisian daya saat baterai mencapai 80% di malam hari dan melanjutkannya di pagi hari.

Soal privasi, Oppo memperkenalkan Scoped Storage yang membantu setiap aplikasi memiliki file sendiri. Ketika aplikasi tersebut uninstall, foldernya pun akan dihapus. Paling terpenting aplikasi tidak dapat mengakses data sistem keseluruhan. Jika aplikasi ingin akses mikrofon, lokasi, kontak dan foto akan dimintai izin terlebih dulu.

Oppo pun menghadirkan Private System, dua sistem terpisah di mana pengguna bisa menyimpan file dan foto pribadi lebih aman. Cukup masukkan password atau fingerprint untuk mengakses dan berganti sistem utama. Pengguna bisa mengatur notifikasi baik dari satu maupun dua sistem. Ini akan membantu pengguna memisahkan data pribadi ataupun kerjaan.

Dari sisi teknis, ColorOS 11 dijanjikan pula mendongkrak kemampuan RAM hingga 45%, response time 32% dan frame rate stability 17%.

Kesimpulan

ColorOS 11 sudah tersedia di beberapa ponsel Oppo dan secara bertahap akan menghampiri banyak model. Secara keseluruhan, ColosOS 11 merupakan user interface yang menyenangkan, sangat mudah dan lancar dioperasikan, serta kustomisasinya membuat pengguna leluasa menjadikan HP-nya sesuai preferensi sendiri.

ColorOS 11ColorOS 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Personalisasi memang adalah fokus dari user interface ini dan untungnya, dibuat dengan elegan. Pengguna punya wadah besar untuk menyalurkan kreativitasnya tanpa perlu kebingungan karena dibantu dengan proses yang mudah dan juga algoritma.

Memang beberapa fitur terkesan nice to have dan mungkin tidak akan digunakan, tapi lebih baik ada daripada tidak, bukan? Pendek kata, ColorOS 11 merupakan antarmuka dari Oppo yang didesain dengan matang, personalisasinya juara dan desainnya stylish.

(fyk/fay)