Review Oppo Enco W51, Kualitas Suara dan Peredam Bisingnya Bagus

Review Oppo Enco W51, Kualitas Suara dan Peredam Bisingnya Bagus

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 12 Nov 2020 19:40 WIB
OPPO Enco W51
Oppo Enco W51. Foto: dok. OPPO Indonesia
Jakarta -

Oppo menjadi salah satu vendor yang rajin merilis earphone true wireless stereo (TWS) ke Indonesia. Oppo Enco W51 ini adalah yang terbaru.

Kendati dibanderol Rp 1,299 juta, Oppo Encho W51 menawarkan fitur active noise cancellation (ANC) yang biasanya ditemui di earphone premium.

Ketika digunakan fitur tersebut cukup ampuh meredam bising. Tapi tidak hanya itu keunggulannya, Oppo Enco W51 punya kualitas suara yang cukup memanjakan telinga, setidaknya itu yang detikINET rasakan saat menggunakan earphone TWS ini beberapa pekan.

Berikut review singkatnya:

Desain

Oppo selalu menghadirkan desain case yang berbeda di setiap produk TWSnya. Bila sebelumnya kami sempat mereview Enco W11 yang punya bulat oval, Enco W51 menghadirkan desain persegi.

Tapi keduanya punya dimensi yang compact. Jadi ketika disimpan dalam saku pun masih muat dan tidak memberatkan karena bobotnya hanya 55,5 gram.

Oppo Enco W51Oppo Enco W51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Casenya Enco W51 diberikan sentuhan glossy. Cukup nyaman dalam genggaman dan bikin noda kotoran tak melekat permanen.

Di bagian belakangnya terdapat port USB Type C untuk isi ulang dan di dekatnya terdapat lampu indikator pengisian daya. Sementara ketika case ini dibuka kita akan mendapati tombol di bagian dalam untuk pairing beserta lampu indikator baterai.

Eraphonenya Enco W51 ini berbeda jauh dari W11. Oppo memberikannya tangkai rata memanjang cukup membantu menangkap suara saat melakukan panggilan.

Oppo Enco W51Oppo Enco W51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Oppo menempatkan sensor sentuh di permukaan tangkai untuk mempermudah pengoperasian. Ketuk dua kali di sebelah kiri untuk on/off fitur peredaman, dua kali di kanan untuk next track, ketuk tiga kali di semua sisi untuk mengaktifkan asisten digital.

Oppo pun menempatkan sensor di dalamnya untuk mendeteksi bilamana earphone di lepas dari telinga dan langsung menghentikan lagu yang tengah diputar secara otomatis.

Desain earbudsnya sendiri berbentuk oval sehingga pas mengikuti kontur bagian dalam daun telinga. Eartipnya sendiri ditempatkan di bagian ujung earbuds.

Oppo Enco W51Oppo Enco W51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Oppo menyertakan empat ukuran eartips. Disarankan dicoba satu per satu agar mendapatkan ukuran yang nyaman saat digunakan.

Satu lagi informasi menarik, TWS ini sudah mengantongi IP54 yang artinya tahan akan percikan air. Alhasil bisa kamu andalkan untuk berolahraga.


Pairing

Proses pairing ke beragam perangkat sangat mudah. detikINET sempat menjajal mengoneksikannya ke ponsel Android, iPhone, iPad, laptop Windows dan Smart TV.

Pengguna hanya tinggal perlu menekan tombol bagian dalam, kemudian dikoneksikan melalui Bluetooth 5.0. Jarak jangkauannya pun lumayan hingga 10 meter.

Oppo Enco W51Oppo Enco W51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Memang cara paling mudah mengoneksikan Enco W51 ini ke ponsel Oppo. Kami sempat mempairing ke Find X2 Pro. Ketika case TWS ini dibuka, seketika muncul pop-up di ponsel untuk pairing.

Hanya tinggal sekali tekan sudah lagsung terhubung dengan cepat. Keuntungan lainnya kita bisa melakukan kustomisasi sensuthan yang tidak bisa dilakukan di ponsel lain.

Halaman selanjutnya: kualitas suara dan baterai...

Kualitas Suara

Dibekali driver 7mm, Oppo Enco W51 mampu menyuguhkan suara yang mantab di telinga. Kami menjajal memutar beberapa genre musik semuanya tetap enak didengarkan.

Treble cukup renyah tanpa berlebihan. Suara bass terdengar dinamis. Saat memutar album baru Sasha Sloan, vokal penyanyi asal AS ini terdengar jelas.

Saat digunakan untuk menonton film juga sama memuaskan. Makin terasa maksimal lagi saat perangkat yang terkoneksi punya fitur Dolby Atmos.

detikINET sempat menggunakan TWS ini untuk memainkan Call of Duty Mobile. Terasa ada delay sedikit, namun tidak begitu signifikan mengganggu.

Oppo Enco W51Oppo Enco W51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Nah terkait kemampuan ANC, tidak disangka kemampuan TWS ini cukup baik dalam meredam suara bising di sekitar yang punya frekuensi rendang dan konstan. Tapi untuk frekuensi tinggi seperti teriakan orang dan suara klakson masih terdengar.

Tapi mengingat harganya yang hanya Rp 1,3 juta ya cukup dimaklumi. Karena jika ingin yang lebih maksimal harus mau membayar lebih.

Soal kualitas mikrofon pada Oppo Enco W51 standar saja. Meskipun tidak ada distorsi yang berlebihan selama panggilan, mikrofon masih menangkap suara latar belakang yang cukup banyak.

Baterai

Daya baterai Oppo Enco W51 ini tidak istimewa. Saat terisi penuh bisa untuk digunakan 4-5 jam non-stop saat ANC dinonaktifkan. Sementara saat ANC diaktifkan menjadi sekitar 3,5 jam saja.

Case Oppo W51 sendiri bisa menyulai daya untuk penggunaan 24 jam. Oppo membekali pengisian kabel 10W melalui port USB-Type C yang membutuhkan waktu satu jam untuk mencapai nol hingga seratus persen. Ini juga mendukung pengisian nirkabel yang memberikan keunggulan dibandingkan perangkat lain di kelasnya.

Oppo Enco W51Oppo Enco W51 bisa dicharging secara wireless. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kesimpulan

Oppo memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berbeda. Enco W51 nyaman digunakan dalam durasi yang panjang, menawarkan kualitas audio yang layak dan kemampuan peredaman bising yang baik di kelasnya.

Semoga saja Oppo membuat aplikasi khusus untuk TWS-nya. Sehingga memudahkan pengaturan di perangkat selain ponsel Oppo.

Satu lagi memberikan dukungan kontrol sentuhan yang dibuat lebih fleksibel dan ditambah lagi opsinya, salah satunya pengaturan volume.

Selebihnya dengan harga Rp 1,3 juta, Oppo Enco W51 patut dipertimbangkan bila mencari TWS terjangkau dengan fitur peredam bising yang oke.

(afr/fay)