Huawei MateBook D 15, Asyik untuk Belajar atau Bekerja Online - Halaman 2

Review

Huawei MateBook D 15, Asyik untuk Belajar atau Bekerja Online

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 18:35 WIB
Huawei MateBook D15
MateBook D 15. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Keyboard dan Trackpad

Mengetik dengan keyboard MatePad D 15 menyenangkan. Jarak antar huruf tidak begitu jauh sehingga bikin cepat proses pengetikan dan mengurangi kesalahan. Permukaan tombol dibuat bertekstur menambah kenyamanan.

Hanya saja tidak adanya backlight sedikit menyulitkan saat mengetik di kondisi agak gelap.

Beralih ke trackpad, ukurannya cukup luas begitu membantu navigasi ketika tidak menggunakan mouse. Menggunakan beragam gesture dapat dijalankan dengan baik.

Ketika bagian telapak tangan tak sengaja menyentuh permukaannya, trackpad tidak bereaksi sehingga tidak mengganggu pengetikan.

Huawei MateBook D15Huawei MateBook D15 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Performa

MateBook D 15 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 3500U yangd dipadukan dengan PCIe SSD3 dan RAM DDR4 8 GB. Saat digunakan tugas keseharian, mulai dari mengetik, membuka browser dengan banyak tab yang dibuka, menjalankan aplikasi panggilan video hingga menonton film, laptop ini menyuguhkan kinerja yang cepat.

Bermain game casual juga bisa dilibas laptop ini. Namun terasa ngos-ngosan begitu memainkan game berat. Demikian pula saat menjalankan aplikasi pengeditan foto dan video.Mengingat harganya, hal tersebut masih sangat dimaklumi.

Mungkin yang sedikit mengganjal daya tahan baterainya. Saat digunakan hanya bertahan hingga kisaran 4 jam saja. Tapi untungnya Huawei membekali fast charging 65W sehingga pengisian cepat.

Huawei MateBook D15Charger Huawei MateBook D15 seukuran milik ponsel. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Cuma butuh satu jam untuk membuat baterai terisi penuh kembali. Atau 50% dalam setengah jam.

Oh iya, charger laptop ini mirip yang dipunyai ponsel jadi tidak berat bila di bawa-bawa. Atau kalau mendesak, kamu bisa menggunakan charger ponsel Android untuk mengisi laptop ini.

Opini detikINET


Jika mencari laptop layar lapang dengan harga terjangkau untuk belajar ataupun bekerja online, Huawei MateBook D 15 ini bisa jadi pilihannya.

Dengan layar 15,6 inch mempermudah multitasking. Tapi tidak hanya urusan kerja, menikmati hiburan di layar yang begitu luas juga menyenangkan.

Speaker yang dimiliki laptop ini standar saja. Baiknya menggunakan earphone atau headphone karena Huawei menyertakan fitur Dolby Atmos yang mendongkrak kualitas suara.

Soal kinerja laptop ini cepat untuk mengerjakan tugas harian. Walau baterainya tidak begitu lama setidaknya tertolong dengan kemampuan fast charging.

Huawei MateBook D15Huawei MateBook D15 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Harga MateBook D 15 ini Rp 8 juta, namun MateBook D 15 dibekali sensor sidik jari yang disatukan dengan tombol power, memberikan keamanan yang lebih pada perangkat.

Hampir terlewat, MateBook D 15 punya NFC untuk menjalankan Huawei Share. Cukup ketukan ponsel Huawei yang mendukung di ujung kanan bawah keyboard.

Nantinya kamu bisa mengakses ponsel dari notebook ini tanpa perlu kabel. Tidak hanya mentransfer file, kamu dapat menjawab pesan yang masuk di ponsel lewat laptop ini.

(afr/fay)