Review TWS Enco W11 Toys Story, Tak Sekadar Imut

Review TWS Enco W11 Toys Story, Tak Sekadar Imut

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 10:23 WIB
Oppo Enco W11
Oppo Enco W11 (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Oppo tidak sekadar membawa ponsel ke Indonesia. Jajaran earphone true wireless stereo (TWS) pun ikut dimasukan ke Tanah Air.

Enco W11 menjadi salah satunya. Agar lebih spesial, Oppo membalutnya dengan karakter alien hijau dari film Toy Story buatan Pixar.

Ini membuat Enco W11 Toys Story terlihat imut. Tapi keunggulannya tidak sebatas itu saja, ada sejumlah daya tarik yang ditawarkan TWS seharga Rp 500 ribuan ini.

Setidaknya itu yang detikINET rasakan saat menggunakanya. Berikut ini review singkatnya:

Mudah Dikantongi

Oppo membuat case Enco W11 berbentuk seperti pil, karena dimensinya kecil mudah masuk ke dalam saku celana jeans. Casenya ini terbuat dari plastik, pun begitu tidak ada kesan murahan.

Bahkan bagian penutup casing dan engselnya terasa kokoh, membuat mekanisme buka tutup terasa mulus. Oppo membekali LED indikator yang menunjukkan status earbud dan case itu sendiri.

Enco W11 punya desain compact. Foto: Oppo



Oppo memasang magnet yang cukup kuat bikin earbud begitu rekat menempel di case. Sempat kami hentak-hentakan case, earphone tidak jatuh dari sarangnya.

Earbud sendiri mengusung model in-ear. Bentuk bodynya oval begitu pas dipasang di liang telinga. Oppo menyediakan eartip silikon dengan tiga pilihan ukuran, yakni S, M dan L.

Bagian bodi dalam earbuds diberi lapisan mate, sementara permukaan samping dan area touch control dibuat mengkilap. Mungkin niatan Oppo untuk membedakan sekaligus memberikan kenyamanan saat jari melakukan pengontrolan di permukaan licin.

Saat terpasang di telinga, earbud terasa ringan. Bikin nyaman meski digunakan dalam waktu lama.

Suara Oke

Oppo Enco W11 hadir dengan driver dinamis 8mm dengan diafragma komposit berlapis titanium untuk bass yang ditingkatkan dan rentang frekuensi yang diperpanjang. Earbud juga mendukung format audio AAC berkualitas tinggi untuk pengalaman mendengarkan yang lebih baik.

Selain itu, Oppo telah mengemas Bluetooth 5.0 untuk konektivitas dan telah menggunakan teknologi transmisi Binaural Simultan Singla di mana kedua earbud menerima sinyal audio langsung dari smartphone untuk konektivitas yang lebih baik dan mengurangi latensi.

Nah bicara kualitas suaranya, audio yang disuguhkan Oppo Enco W11 cukup oke. Pengucapan terdengar jelas dan bebas distorsi bahkan pada volume tertinggi.

Oppo Enco W11Oppo Enco W11 Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Bassnya memang tidak begitu nendang, tapi tidak lantas dentuman yang terdengar jadi kurang memuaskan. Enco W11 mampu memisahkan mid dan treble dengan baik.

Tapi yang mengejutkan kemampuan pemisahan stereo antara saluran kiri dan kanan. Oppo Enco W11 bisa dikatakan terbaik di kelasnya.

detikINET pun menguji latensi dengan memainkan Call of Duty Mobile. Respons latensi dari earbud ini bagus dan tidak ada delay atau jeda antara aksi dan suara sama sekali. Hal yang sama berlaku saat menonton film di Netflix.

Untuk kualitas panggilan dari dua mikrofon yang ditempatkan di bagian atas earbud bagus dan sebagian besar penelepon melaporkan bahwa mereka dapat mendengarkan suara kami dengan jelas. Tapi mereka masih mendengar kebisingan di latar belakang. Pun begitu tidak begitu memengaruhi kualitas panggilan.