Samsung Galaxy Watch 3, Smartwatch Mewah Penantang Apple Watch

Review

Samsung Galaxy Watch 3, Smartwatch Mewah Penantang Apple Watch

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 07 Sep 2020 11:45 WIB
Galaxy Watch 3
Samsung Galaxy Watch 3, Smartwatch Mewah Penantang Apple Watch Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Samsung resmi meluncurkan Galaxy Watch 3 di Indonesia pada bulan Agustus lalu. Jam tangan pintar ini membawa sejumlah peningkatan dibanding Galaxy Watch original yang pertama kali hadir dua tahun yang lalu.

Dilepas dengan harga yang tidak murah, Galaxy Watch 3 bisa dibilang sebagai penantang Apple Watch yang sesungguhnya. Ia tidak hanya menawarkan harga yang sepantaran tapi juga kelengkapan fitur kesehatan.

Saya berkesempatan menggunakan Galaxy Watch 3 dan menjelajahi semua fitur-fiturnya selama sekitar satu bulan. Apakah harga dan performanya sepadan? Simak terus review berikut ini.

Desain dan Kontrol

Samsung Galaxy Watch 3 hadir dalam dua pilihan ukuran yaitu 41mm dan 45mm. Kebetulan model yang saya coba adalah ukuran 41mm dengan warna Mystic Bronze.

Varian ini hadir dengan bodi yang terbuat dari stainless steel dan tali berwarna merah muda yang terbuat dari bahan kulit. Dengan bodi jam tangan dan bezel yang dibalut warna perunggu, Galaxy Watch 3 terlihat sangat mewah dan premium, walau pilihan warna ini mungkin lebih cocok untuk perempuan.

Samsung mengklaim ukuran Galaxy Watch 3 14% lebih langsing dan 15% lebih ringan dari pendahulunya. Bagian belakang yang berisi semua sensornya memang masih menonjol, tapi saat dipakai tidak membuat rasa nyaman berkurang.

Walau ukurannya masih relatif tebal, Galaxy Watch 3 nyaman untuk digunakan sepanjang hari. Bahkan ketika digunakan saat tidur pun tidak begitu janggal dan mengganggu.

Galaxy Watch 3Galaxy Watch 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Di bagian samping jam terdapat dua tombol. Tombol atas bisa digunakan sebagai tombol kembali, atau untuk mengaktifkan Samsung Pay jika ditahan beberapa detik. Tombol bawah berfungsi sebagai tombol Home, atau untuk mengaktifkan asisten suara Bixby atau fungsi lainnya jika ditahan.

Salah satu hal yang paling membedakan lini Galaxy Watch dengan jam tangan pintar lainnya adalah bezel berputar (rotating bezel) yang digunakan untuk navigasi menu dan fitur jam. Bezel di Galaxy Watch 3 dibuat lebih kecil, sehingga bisa memuat layar yang lebih besar dibanding pendahulunya.

Saya pribadi lebih suka menggunakan bezel untuk mengoperasikan jam, apalagi suara klik-klik yang keluar saat bezel diputar terdengar seperti ASMR. Tapi ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses dengan menyentuh layar, misalnya harus menggeser layar dari atas ke bawah untuk membuka quick settings.

Bicara soal layar, Galaxy Watch 3 41mm memiliki layar AMOLED berukuran 1,2 inch dengan resolusi 360x360 pixel. Layar ini bisa dilihat dengan jelas dalam kondisi apapun, bahkan saat berada di bawah terik matahari, yang memudahkan untuk melihat statistik saat berolahraga.

Ada juga speaker mungil yang disematkan di bagian kiri jam. Speaker ini berguna untuk melakukan panggilan telepon atau mendengarkan musik.

Galaxy Watch 3 juga terbilang tangguh karena memiliki sertifikasi MIL-STD-810G dan layarnya dilindungi oleh Gorilla Glass DX. Jam tangan ini juga memiliki rating 5ATM/IP68 sehingga bisa digunakan untuk berenang hingga kedalaman 50 meter.