Honor Choice True Wireless Earbuds, Nyaman dan Terjangkau

Review Produk

Honor Choice True Wireless Earbuds, Nyaman dan Terjangkau

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 24 Agu 2020 20:44 WIB
Honor Choice
Honor Choice True Wireless Earbuds, Nyaman dan Terjangkau (Foto: Honor)
Jakarta -

Honor beberapa hari lalu merilis sebuah earphone true wireless stereo (TWS) baru bernama Choice True Wireless Earbuds, yang punya desain 'menarik' dan harga yang relatif murah. Seperti apa performanya?

Meski nama resminya Choice True Wireless Earbuds, dalam kotak penjualan yang diterima detikINET, tulisan yang tertera adalah Moecen. Rupanya, Moecen adalah perusahaan yang berada di bawah Cosonic, yang mengembangkan produk ini bernama Honor.

Desain


Sekilas, bentuk TWS ini sangatlah familiar. Ya, karena bentuknya memang cukup mirip dengan Apple AirPods Pro. Yaitu sebuah TWS bertipe in ear (menggunakan eartips berbahan silikon yang masuk ke dalam rongga telinga) dengan tangkai yang pendek, dan warnanya putih.

Desain seperti ini membuat Choice True Wireless Earbuds bisa memberikan isolasi terhadap suara dari luar, karena selain dari eartips, bodi earphone ini juga cukup menutupi rongga telinga.

Honor ChoiceHonor Choice Foto: Honor

Soal kenyamanan memang bakal berbeda setiap orang, namun kami merasa earphone ini cukup nyaman ketika dipakai dalam waktu lama. Namun memang setiap beberapa waktu, kami harus membenarkan posisi earphone ini saat sudah mulai bergeser dari tempatnya dan tak lagi memberikan isolasi yang baik.

Isolasi ini juga cukup bergantung pada eartips yang disediakan dalam paket penjualan. Ada tiga ukuran, kecil, sedang, dan besar. Jika eartips yang ada dirasa tak nyaman, pengguna juga bisa mengganti dengan eartips pihak ketiga yang lebih nyaman.

Kami sempat mengganti eartips bawaan dengan Spinfit CP360, yang menurut kami membuat Choice True Wireless Earbuds lebih nyaman dipakai, dan membuat suara terasa lebih baik.

Fitur, daya tahan baterai, dan kualitas suara


Menghubungkan Choice True Wireless Earbuds dengan perangkat untuk memutar musik relatif gampang. Kami menjajal earphone ini dengan Xiaomi Mi 10 dan MacBook Air, tak ada masalah yang berarti dalam proses pairingnya.

Soal latensi pun bisa dibilang cukup baik, tak ada delay yang terasa mengganggu saat dipakai menonton video. Honor sendiri mengklaim Choice True Wireless Earbuds punya latensi rendah, yaitu 130ms.

Daya tahan baterainya pun relatif sesuai dengan klaim Honor, yaitu 6 jam per pengisian baterai dengan volume penuh, dan casingnya bisa dipakai untuk mengisi ulang sebanyak dua kali.

Lalu bagaimana kualitas suaranya? Untuk sebuah TWS dengan harga Rp 399 ribu, kualitas suaranya bisa dibilang memuaskan. Bassnya cukup berbodi, meski tak berlebihan, mid dan treble-nya pun cukup menyenangkan.

Kesimpulan


Honor Choice True Wireless Earbuds menurut kami adalah earphone TWS yang menyenangkan. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, suara yang dihasilkan pun relatif 'benar' karena tak menonjolkan frekuensi tertentu.

Salah satu kelemahannya mungkin adalah dukungan codec yang terbatas, hanya SBC dan AAC. Tak ada codec 'fancy' seperti aptX ataupun LDAC di sini. Meski hal ini sebenarnya relatif bisa diterima karena harganya yang Rp 399 ribu, ada beberapa earphone TWS lain dengan harga yang sedikit lebih mahal namun sudah mendukung codec aptX, bahkan aptX TWS.



Simak Video "Cerita Wanita asal Indonesia yang Fotonya Mejeng di Twitter Tim Cook"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)