Review Oppo Reno4, Ponsel yang Menyenangkan

Review Oppo Reno4, Ponsel yang Menyenangkan

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 24 Agu 2020 05:45 WIB
Oppo Reno4
Review OppoReno4. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kala Oppo Reno4 bertandang ke ruang redaksi detikINET, kami menduga bakal dihargai mahal, ya kisaran Rp 6 jutaan. Sebab ponsel ini membawa banyak hal menarik, mulai dari tampilan hingga aneka fitur yang dibawanya,

Karena itu ketika Oppo mengumumkan kalau Reno4 dibanderol Rp 4.999.000 sontak bikin kaget. Langkah vendor asal China ini di luar kebiasaan, entah memang ingin memberikan kejutan bagi pecintanya atau mau bikin dag dig dug kompetitor.

Tapi terlepas dari itu, angka tersebut memang bikin Reno4 makin menggoda. Lebih-lebih setelah menggunakannya ponsel ini begitu menyenangkan. Berikut review Oppo Reno4:


Desain

Bila Reno3 Pro yang kami review beberapa bulan lalu punya desain standar, beda dengan Reno4. Ponsel ini terlihat stylish khususnya varian warna Galactic Blue.

Oppo mengaku membuatnya dengan teknik Reno Glow, memadukan latar belakang dove berlapis gradasi warna biru tua ke putih. Tidak saja sedap dipandang mata, mampu memberikan kenyamanan kala digenggam.

Oppo Reno4Oppo Reno4 Galactic Blue. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tidak terasa licin, jadi mereka yang enggan pakai case tidak was-was takut Reno4 tergelincir ketika tangan berkeringat. Lapisan dove-nya pun bikin permukaan ponsel ini tidak perlu sering-sering dibersihkan karena noda jari.

Dimensi ponsel ini begitu bikin kepincut. Begitu tipis sehingga enak sekali digenggam, apa lagi bobotnya tidak pula berat. Serasa tidak seperti membawa ponsel. Oke terdengar sedikit lebay, tapi memang senyaman itu detikers.

Berdasar keterangan Oppo. ketebalan Reno4 hanya 7,7 mm. Ini selisih 0,15 dari Reno3 Pro. Sementara beratnya mencapai 165 gram. Tidak herankan kalau ponsel ini begitu ergonomis kala digenggam tangan.

Kendati bodinya tipis Oppo masih memasangkan port jack audio 3,5 mm yang di tempatkan di bawah ponsel. Padahal banyak vendor lain dengan alasan demi ponsel tipis menanggalkan fitur tersebut. Memang sih sudah banyak perangkat TWS murah, tapi mendengarkan lewat earphone kabel masih menyenangkan dan kadang suaranya masih lebih memanjakan telinga.


Layar

Oppo Reno4Oppo Reno4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Oppo Reno4 mengusung layar berukuran 6,4 inch dengan resolusi Full HD+. Terasa lapang meski terdapat punch hole kamera ganda di pojok kiri atas.

Menggunakan panel AMOLED membuat sajian warna yang akurat dan tajam. Oppo menyediakan opsi DCI-P3 bila ingin tampilan layarnya dalam mode Vivid.

Pada permukaan layar ponsel ini sudah terlindungi kaca Gorilla Glass 5. Di bagian bawahnya terdapat sensor sidik jari di layar, saat digunakan cepat dan akurat.