Realme Watch, Smartwatch Ringan Harga Murah Meriah

Review

Realme Watch, Smartwatch Ringan Harga Murah Meriah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 03 Agu 2020 10:48 WIB
Realme Watch
Realme Watch, Smartwatch Ringan Harga Murah Meriah Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Realme semakin ngegas untuk mengejar ambisinya menguasai pasar AIoT di Indonesia. Tidak lama setelah menghadirkan Realme Band di Tanah Air, mereka meluncurkan jam tangan pintar Realme Watch.

Harga yang sangat terjangkau menjadi daya tarik Realme Watch. Walau harganya di bawah Rp 1 juta, Realme tetap membenamkan banyak fitur bermanfaat di dalamnya.

Lalu apakah harganya yang menggiurkan setara dengan performanya? Setelah menjajal Realme Watch selama kurang lebih sebulan, berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Realme Watch memiliki desain jam berbentuk kotak dengan sudut membulat ala Apple Watch. Bagian layar dan keempat sisinya memiliki finish yang berkilau dengan tombol fisik beraksen emas di sisi kanannya.

Tombol fisik ini bisa digunakan untuk menyalakan dan mematikan layar dan jam tangan, berfungsi sebagai tombol 'back' untuk navigasi dan menghentikan tracking saat sesi olahraga berakhir.

Desain yang glossy membuat jam tangan pintar ini terlihat mewah. Tapi layar Realme Watch yang tidak penuh dan dikelilingi bezel tebal membuat ilusi mewahnya jadi sedikit berkurang.

Realme WatchRealme Watch Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Di bagian bawah layar juga ada bezel yang lebih tebal dibanding ketiga sisi lainnya dan dihuni logo Realme yang hampir mustahil dilihat kecuali di bawah pencahayaan yang tepat. Padahal jika bagian ini dihilangkan, Realme bisa menyematkan layar yang lebih besar.

Di bagian belakang jam terdapat pin magnet untuk mengisi ulang baterai, sensor detak jantung PPG dan sensor SpO2 untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah.

Jam tangan pintar ini sudah mendapatkan sertifikasi IP68 yang artinya sudah tahan percikan air dan debu. Jadi tidak perlu khawatir kalau dipakai saat hujan-hujanan atau bermain air.

Sama seperti Realme Band, kesan pertama saat mengenakan Realme Watch adalah bobotnya yang sangat ringan. Dengan bobot jam yang hanya 31 gram, Realme Watch sangat nyaman dan tidak mengganggu saat digunakan sehari-hari, bahkan saat tidur.

Realme Watch dilengkapi dengan strap berbahan plastik yang bisa dilepas pasang dengan mudah. Unit yang saya jajal hadir dengan strap berwarna hitam, tapi Realme juga menghadirkan pilihan warna yang lebih trendi seperti biru, merah dan hijau.

Sayangnya, desain strapnya agak menyulitkan proses pemasangan jam tangan dengan satu tangan. Tapi positifnya desain ini membuat jam tangan lebih terasa aman saat digunakan.