Asus ROG Zephyrus Duo 15, Sempurna dengan Dua Layar - Halaman 3

Review Produk

Asus ROG Zephyrus Duo 15, Sempurna dengan Dua Layar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 02 Agu 2020 20:04 WIB
Asus ROG Zephyrus Duo 15
Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET

Spesifikasi super kencang

Sebagai laptop gaming flagship, sudah seharusnya laptop ini punya spesifikasi super tinggi. Dimulai dari CPU, ROG Zephyrus Duo 15 ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core i9-10980HK yang memiliki konfigurasi 8 core serta 16 thread.

Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Istimewa

Dengan jumlah core serta thread yang melimpah tersebut, ROG Zephyrus Duo 15 sangat cocok untuk digunakan sebagai mesin untuk multitasking serta content creation

Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Istimewa

Dari sisi grafis, ROG Zephyrus Duo 15 menggunakan GPU Nvidia GeForce RTX 2080 SUPER terbaru. Chip grafis tersebut tidak hanya memiliki performa terbaik yang ada saat ini, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai teknologi grafis terkini.

Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Istimewa

Teknologi seperti real-time ray tracing dan NVIDIA DLSS 2.0 sudah dapat didukung oleh chip grafis ini. Teknologi tersebut tidak hanya berguna untuk gamer ketika bermain game, tetapi juga para content creator yang ingin memanfaatkan teknologi grafis tersebut untuk rendering juga dapat menggunakan ROG Zephyrus Duo 15 (GX550).

Dari sisi penyimpanan dan memori, ROG Zephyrus Duo 15 dilengkapi dengan penyimpanan menggunakan dua NVMe PCIe SSD sebesar 1TB. Kedua SSD tersebut juga dapat dikonfigurasikan secara RAID 0 untuk performa terbaik.

Sementara untuk memori, ROG Zephyrus Duo 15 hadir dengan RAM DDR4 3200MHz sebesar 32GB yang dapat ditingkatkan kapasitasnya hingga 48GB.

Sistem pendingin mumpuni
Spesifikasi kencang namun dengan bodi tipis. Kombinasi ini sejatinya adalah sebuah mimpi buruk untuk suhu komponen laptop, setidaknya itulah anggapan detikINET ketika pertama menerima unit review laptop ini.

Namun rupanya ketika digeber untuk memainkan game, suhunya relatif terjaga. Hal ini mungkin bisa dicapai karena Asus menerapkan sistem pendingin baru bernama Active Aerodynamic System (AAS) Plus.

Lalu sistem pendingin yang memanfaatkan rongga di antara bodi dan layar kedua membuat dua kipas pendingin di ROG Zephyrus Duo ini mendapat aliran udara tambahan, dan juga bisa menekan kebisingan dari suara kipas pendingin.

Selain itu, Asus juga menggandeng Thermal Grizzly menggunakan liquid metal sebagai thermal paste di laptop ini, yang bisa meningkatkan pendinginan hingga 10% dibanding thermal paste pada umumnya.