Asus ROG Zephyrus Duo 15, Sempurna dengan Dua Layar - Halaman 2

Review Produk

Asus ROG Zephyrus Duo 15, Sempurna dengan Dua Layar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 02 Agu 2020 20:04 WIB
Asus ROG Zephyrus Duo 15
Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET

Aplikasi video editing seperti DaVinci Resolve 16 atau Adobe Premiere Pro CC dapat memanfaatkan ROG ScreenPad Plus untuk menempatkan antarmuka ekstra, seperti timeline atau media pool. Hal yang sama juga dapat dilakukan pada aplikasi photo editing seperti Adobe Photoshop CC, dimana pengguna dapat menempatkan antarmuka seperti color wheel, layer, color channel, histogram, dan lain-lain ke ROG ScreenPad Plus.

Layar utama Zephyrus Duo punya resolusi 4K, dan mempunyai gamut 100% sRGB dan 100% Adobe RGB, serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Hal ini membuat layarnya sangat layak untuk dipakai oleh kreator konten, seperti untuk mengedit foto dan video.

Namun harus diakui, resolusi 4K untuk monitor ini memang menurut kami terlalu besar untuk bermain game dengan spesifikasi yang ada. Tak cuma untuk laptop ini, melainkan juga untuk semua komponen PC yang ada saat ulasan ini dibuat.

Pasalnya saat dipakai bermain game AAA, frame rate yang didapat hanya berkisar di angka 60an FPS dengan pengaturan rata kanan. Contohnya di game Assassin's Creed Odyssey dan Shadow of The Tomb Raider, dan Zephyrus Duo yang kami uji di sini adalah varian tertinggi dengan Intel Core i9-10980HK dan Nvidia RTX 2080 Super.

Untuk gaming, menurut kami mungkin lebih baik layar yang digunakan menggunakan resolusi QHD namun dengan refresh rate yang tinggi. Namun memang, penggunaan layar 4K di laptop ini mungkin bertujuan untuk menarik perhatian para kreator konten.

Hasil pengujian dua game di bawah ini dilakukan dengan resolusi 1080p.

Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Istimewa
Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15Benchmark Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Istimewa