Asus ROG Zephyrus G14: Tipis dan Ringan, Tapi... - Halaman 2

Review Produk

Asus ROG Zephyrus G14: Tipis dan Ringan, Tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 30 Jun 2020 20:25 WIB
Asus ROG Zephyrus G14
Asus ROG Zephyrus G14 (Foto: Istimewa)

Contohnya adalah Shadow of The Tomb Raider dengan setingan tertinggi dan resolusi 1080p bisa mendapat frame rate di kisaran 55-58 fps. Jika masih kurang, tentu anda bisa sedikit saja menurunkan kualitas gambarnya untuk mendapat frame rate di atas 60 fps saat dimainkan di ROG Zephyrus G14.

Frame rate di game Assassin Creed's Odyssey di pengaturan ultra high ada di kisaran 30-an fps, sementara di pengaturan very high, framenya naik menjadi di kisaran 45-50 fps.

Frame rate hampir sama bisa didapat di game Assassin Creed's Odyssey yang dikenal cukup berat. Lalu untuk memanfaatkan layar 14 inch 120Hz-nya, saya mencoba CS:GO, yang dengan pengaturan paling tinggi, frame rate 120 fps sudah jauh terlewati, jadi ROG Zephyrus G14 juga cocok untuk memainkan game kompetitif yang membutuhkan frame rate tinggi.

Sekadar memuaskan rasa penasaran, saya menjajal Cinebench R20 untuk mengetahui skor yang bisa didapat oleh prosesor anyar AMD ini. Skor yang didapat adalah 475 untuk single core dan 3884 untuk multi core, jauh lebih tinggi dari Zephyrus generasi sebelumnya dengan Intel Core i7-9750H yang pernah saya coba.

Bahkan skor yang didapat dari prosesor delapan core dan 16 thread ini sangat tinggi untuk sebuah prosesor dengan thermal design power (TDP) 45 watt.

Soal ketersediaan port, Zephyrus G14 cukup royal. ada dua USB-A, HDMI, jack audio 3,5mm, dan dua USB-C yang juga bisa dipakai untuk mengisi baterai, meski Asus juga menyediakan port khusus untuk charger 180W yang dipaketkan bersama laptop ini. Jelas tak ada Thunderbolt 3 di Zephyrus G14 karena itu adalah teknologi milik Intel.

Ada hal unik lain di ROG Zephyrus G14 yang kami uji, yaitu fitur AniMe Matrix, yang merupakan 1.215 mini LED yang terpasang di bagian depan laptop. Mini LED ini bisa menampilkan animasi, teks, dan berbagai efek menarik di belakang layar laptop.

AniMe Matrix tidak hanya dapat menampilkan teks, atau tampilan yang telah tersedia seperti notifikasi baterai atau mode equalizer yang akan sinkron dengan audio. Pengguna ROG Zephyrus G14 juga bisa memasukkan gambar atau animasi sehingga tampilannya dapat bervariasi.