Redmi 8A Pro, Kinerja dan Baterai Oke

Review

Redmi 8A Pro, Kinerja dan Baterai Oke

Arssy Firliani - detikInet
Senin, 25 Mei 2020 10:01 WIB
Redmi 8A Pro
Redmi 8A Pro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Di awal bulan April lalu, Xiaomi memboyong Redmi 8A Pro ke Indonesia di tengah pandemi Corona. Dilirik harganya, ponsel entry level ini menarik perhatian karena terbilang murah.

Namun bagaimana kinerja yang dihadirkan Redmi 8A Pro? Apakah berbanding lurus atau malah melebihi dari ekspektasi? Berikut ulasannya.

Desain

Redmi 8A Pro memiliki dimensi 156,5 x 75,4 x 9,4 mm dan beratnya 188 gram. Layarnya terbentang cukup luas, yakni 6,2 inci beresolusi HD+ dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5. Dikelilingi bazel hitam yang tak terlalu tipis.

Di bagian depan, tepatnya di sisi atas tengah ponsel, terdapat dot drop notch yang menjadi rumah bagi kamera depan. Sedangkan di bezel bawah terdapat tulisan Redmi. Jika tulisan tersebut dihilangkan layar depan akan terlihat lebih premium.

Soal tampilan depan tak jauh berbeda dari sang adik, Redmi 8A. Bentuknya ideal, cukup mudah digenggam dan ringan di tangan.

Redmi 8A Pro varian Sky WhiteRedmi 8A Pro varian Sky White Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Mari beralih ke sisi belakang ponsel ini. Dari tiga pilihan warna, detikInet berkesempatan menjajal Redmi 8A Pro varian warna Sky White.

Material belakang terbuat dari bahan plastik dan nggak kinclong. Perpaduan warna lembut dari gradasi putih biru langit ini tidak begitu mencolok mata dan masih enak dipandang.

Menariknya ada lapisan nano pada casing. Diteliti lebih dalam lagi, bagian belakang ini memiliki pola yang unik. Terdapat garis-garis halus dari 2 sisi berlawanan menyerupai huruf X.

Lapisan anti akan percikan air itu yang membuat ponsel tidak lengket, anti gores, dan tidak menciptakan jiplakan jari atau tangan pada ponsel.

Karena itu, Redmi 8A Pro awet nempel di tangan. Meskipun terkadang terasa sedikit licin.

Kamera belakang Redmi 8A ProKamera belakang Redmi 8A Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Yang berbeda dari pendahulunya, yaitu dual kamera. Terdapat 2 pasang kamera yang disusun sejajar ke bawah alias vertikal yang dikepalai setitik LED Flash.

Masih segaris dengan kamera, tertulis logo Redmi dan Designed by Xiaomi. Terlihat komposisinya cukup presisi.

Tengok ke sisi kiri ponsel ada slot SIM Card + SD Card, sementara di sisi kanan terdapat tombol power dan volume. Bagian bawah ponsel diisi speaker, lubang jack audio, dan lubang Type-C.

Terbilang mewah ya untuk ponsel murah sudah dibekali Type-C untuk mengisi daya.

Ambyar