Galaxy A71, Ponsel Trendi Performa Mumpuni - Halaman 3

Review

Galaxy A71, Ponsel Trendi Performa Mumpuni

Mujahid Fidinillah - detikInet
Selasa, 25 Feb 2020 08:50 WIB
Galaxy A71
Galaxy A71. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Partner Piala Presiden eSports 2020

Demi mengukuhkan performa yang tak ingin dicap kaleng-kaleng, Samsung pun manggaet momentum kompetisi eSports Piala Presiden 2020 dengan menawarkan Galaxy A71 sebagai official smartphone partner. Samsung percaya diri dengan dapur pacu ponsel ini yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 730 dengan fabrikasi cukup ramping 8 nanometer.

Kolaborasi Samsung dan Piala Presiden eSport 2020.Kolaborasi Samsung dan Piala Presiden eSport 2020. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet

Saat dibantai dengan berbagai permainan kesayangan para gamers, seperti Asphalt 9, Free Fire, Honkai Impact 3, PUBG Mobile, UFC, hingga The Sims sekali pun, Galaxy A71 boleh dibilang cukup tangguh.

Selama uji coba dipakai untuk bermain, isu baterai pun tidak jadi masalah. Galaxy A71 sendiri dibekali baterai 4.500 mAh serta dilengkapi Super Fast Charging 25 watt. Dalam tempo 30 menit pengisian daya dengan keadaan standby, baterai pun terisi kurang lebih 35-40%.

Galaxy A71S, Ponsel Trendi Performa MumpuniFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Satu hal yang cukup disayangkan mengenai pengalaman gaming di Galaxy A71, yaitu masalah klasik penempatan speaker yang hanya berada di bagian bawah ponsel. Rasanya pun hambar seperti kurang "nonjok" dan bikin telinga jadi budek sebelah.

Alhasil untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan headphone. Untungya, Galaxy A71 menyertakan earphone dalam paket pembeliannya dan masih menyematkan lubang audio jack3,5 mm.

Samsung juga menambahkan perangkat Game Booster yang cukup membantu di Galaxy A71. Lewat konfigurasi bawaan ini, pengguna bisa mengatur notifikasi agar tidak mengganggu jalannya permainan, bisa juga mengunci layar dalam keadaan standby, hingga mengontrol temperatur dan penggunaan RAM pada ponsel.

Soal multitasking tak perlu khawatir. Dengan kapasitas RAM 8 GB Galaxy A71 pun cukup piawai dalam urusan membuka-menutup aplikasi yang tetap berjalan di belakang. Selain itu, memori internal seluas 128 GB juga cukup untuk mengunduh berbagai aplikasi permainan favorit tanpa harus merelakan menghapus foto-foto bareng mantan di galeri.

Kalau masih kurang lega, Galaxy A71 juga dapat mengekspansi kapasitas penyimpanan memori eksternalnya dengan menyediakan slot khusus MicroSD di samping slot untuk SIM 1 dan SIM 2.