Jumat, 14 Feb 2020 14:19 WIB

Hands On

Galaxy Z Flip, Ponsel Layar Lipat Mantap

Fino Yurio Kristo - detikInet
Galaxy Z Flip Samsung Galaxy Z Flip. Foto: Fino Yurio Kristo
FOKUS BERITA Gebrakan Galaxy S20

Menariknya, lipatan Z Flip bisa terhenti dalam sudut 90 derajat. Maka, ponsel ini bisa didudukkan layaknya laptop. Buat selfie atau video call pun jadi praktis.

Z Flip otomatis mengenali jika sedang dalam keadaan tertekuk. Layarnya menjadi terpisah atas bawah alias split screen. Misalnya akses kamera, maka bagian atas adalah viewfinder dan bagian bawah untuk operasional.

Memegangnya dalam kondisi terbuka cukup nyaman di telapak tangan, apalagi saat tertutup. Kita seperti membawa separuh smartphone, mudah dan ringkas dimasukkan dalam saku atau tas.

Bagian belakang disematkan dua kamera. Uniknya di bagian kiri bawah, terdapat layar 1 inch untuk menampilkan beragam informasi. Satu lagi, layar ini dapat menjadi viewfinder selfie. Meskipun amat mungil, cukuplah buat sekadar mengetahui gaya kita di depan kamera.

Galaxy Z Flip, Ponsel Layar Lipat MantapGalaxy Z Flip. Foto: Fino Yurio Kristo

Samsung sepertinya cukup percaya diri dengan Galaxy Z Flip. Buktinya ponsel ini langsung bisa dibeli beberapa saat sesudah rilis, tak seperti Galaxy Fold yang pemasarannya beberapa kali tertunda.

Selain layar lipatnya yang solid, Z Flip didukung pula spesifikasi lumayan gahar. Otaknya Snapdragon 855+, RAM 8 GB, memori internal 256 GB serta baterai ganda kapasitas total 3.300 mAh.

Maka, Galaxy Z Flip jelas menarik. Desainnya premium, mekanisme lipatnya solid, bisa didirikan layaknya laptop dan harganya lebih murah dari Fold. Pengalaman membuat Fold mungkin jadi pelajaran bagi Samsung saat merancang Z Flip. Mereka berhasil membuatnya lebih baik, lebih fungsional. Untuk saat ini soal ponsel layar lipat, Samsung berada di depan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fyk/fay)
FOKUS BERITA Gebrakan Galaxy S20