Realme X50 5G, Ponsel 5G dengan Layar Mentereng - Halaman 3

Review

Realme X50 5G, Ponsel 5G dengan Layar Mentereng

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 23 Jan 2020 08:50 WIB
Realme X50 5G, Ponsel 5G dengan Layar Mentereng Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet

Kamera

Dilihat sekilas, konfigurasi kamera belakang Realme X50 5G sedikit mirip dengan Realme X2 Pro. Ada kamera utama 64MP yang disandingkan dengan kamera ultra-wide 8MP, kamera telephoto 12MP yang memungkinkan 5x optical zoom dan kamera makro 2MP.

Saat digunakan di siang hari dengan cuaca yang cerah dan pencahayaan yang cukup, kinerja kamera utama, ultra-wide dan telephoto-nya sangat memuaskan. Detail dan dynamic range terlihat cukup baik dengan reproduksi warna yang cukup alami.

Mode AutoMode Auto Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Mode Ultra-WideMode Ultra-Wide Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Mode TelephotoMode Telephoto Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Sayangnya, kamera makronya cukup mengecewakan. Karena resolusinya yang cukup rendah tidak bisa menangkap detail objek dan cahaya dengan sempurna, baik itu dalam kondisi terang maupun minim cahaya.

Mode Ultra MacroMode Ultra Macro Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Untungnya, Realme X50 5G dibekali dengan kamera utama 64MP yang memiliki sensor besar yang bisa menangkap banyak detail. Jadi kalian bisa saja mengambil foto dengan mode 64MP lalu di-crop untuk fokus ke objeknya, dan hasilnya akan terlihat lebih bagus dibanding apa yang dihasilkan kamera makronya.

Untuk mengambil foto di malam hari atau kondisi minim cahaya, performa Realme X50 5G sebenarnya terbilang biasa saja. Tapi dengan mengaktifkan Night mode, foto yang diambil memiliki detail yang lebih jelas dengan dynamic range yang cukup baik.

Mode auto (kiri) dan mode malam (kanan)Mode auto (kiri) dan mode malam (kanan) Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Kamera depannya menggunakan kamera utama 16MP yang dilengkapi kamera ultra-wide 8MP. Hasil selfie yang diambil terbilang sangat bagus dan tidak merubah tone kulit wajah.

Hasil selfieHasil selfie Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Berikut beberapa contoh foto lainnya yang diambil menggunakan Realme X50 5G.

Foto bokeh dengan mode PortraitFoto bokeh dengan mode Portrait Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Mode 64MPMode 64MP Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Kesimpulan

Realme X50 5G memiliki performa yang cukup mengesankan. Dibekali Snapdragon 765G yang fokus untuk gaming plus display 120Hz, bisa membuat pengalaman bermain game menjadi lebih istimewa.

Dari segi baterai dan kamera pun tidak terlalu mengecewakan. Sayangnya, jika dilihat dari belakang desain ponsel ini terbilang biasa saja dan sulit dibedakan dengan ponsel Realme lainnya.

Tapi, belum jelas apakah ponsel ini akan didatangkan Realme ke Indonesia mengingat belum digulirkannya jaringan 5G komersial. Saat ditanya, Chief Marketing Officer Realme, Chase Xu, mengatakan datang atau tidaknya Realme X50 5G di Indonesia bergantung pada ekosistem 5G di Tanah Air.

Selama menggunakan Realme X50 5G di Indonesia, detikINET pun hanya bisa menjajalnya menggunakan kartu SIM 4G. Namun hal itu tidak menghambat kinerja ponsel sama sekali.

Jika tertarik dengan ponsel ini, banyak-banyak berharap agar Realme X50 5G segera diluncurkan di Indonesia. Apalagi sebagai ponsel 5G, harganya terbilang murah-meriah. Di pasar China, varian paling rendah Realme X50 5G dengan RAM 8GB dan ROM 128GB dibanderol 2.499 Yuan atau sekitar Rp 5 jutaan.

(vmp/afr)