Realme X50 5G, Ponsel 5G dengan Layar Mentereng

Review

Realme X50 5G, Ponsel 5G dengan Layar Mentereng

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 23 Jan 2020 08:50 WIB
Realme X50 5G, Ponsel 5G dengan Layar Mentereng Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet
Jakarta -

Realme meluncurkan ponsel 5G pertamanya, Realme X50 5Gdi Beijing, China beberapa waktu yang lalu. Saat ini ketersediaan ponsel tersebut di Indonesia masih menjadi teka-teki, tapi detikINET berkesempatan menjajalnya selama seminggu.

Ingin tahu seperti apa performanya secara keseluruhan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Desain

Dilihat dari depan Realme X50 5G terlihat paling berbeda dengan ponsel lainnya. Hal ini dikarenakan display-nya yang menggunakan desain punch-hole untuk tempat dua kamera depan.

Karena menggunakan desain punch-hole tidak ada notch atau bezel yang terlalu tebal di sisi atas dengan rasio screen-to-body 90,48%. Tapi untuk bagian bawahnya masih ada 'dagu' yang ukurannya tidak terlalu besar.

realme x50Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet

Di bagian belakang terdapat empat kamera belakang dan flash LED di sisi kanan atas dan logo Realme di bawahnya. Bagian belakangnya dilapisi Corning Gorilla Glass 5 dan terlihat mengkilap sehingga rentan meninggalkan bekas sidik jari.

Realme X50 5G hadir dengan dua warna yaitu Glacier Silver dan Polar Blue yang bertandang ke redaksi detikINET. Warna biru kehijauannya terlihat cantik dengan garis yang meliuk-liuk ketika terkena cahaya.

Bagian sampingnya dibuat melengkung sehingga lebih mudah dan nyaman untuk digenggam. Tombol power-nya di samping kanan merangkap sebagai sensor sidik jari.
Sedangkan di bagian bawah terdapat port USB-C, speaker dan slot dual SIM. Tidak adanya headphone jack 3,5 mm di Realme X50 5G cukup disayangkan.

Layar dan Antarmuka

Realme X50 5G adalah ponsel pertama buatan vendor asal China ini yang menggunakan display dengan refresh rate 120Hz. Sayangnya, mungkin untuk menghemat biaya produksi dan menekan harga, Realme menyandingkannya dengan panel LCD.

Walau begitu, penggunaan display 120Hz tetap bisa dirasakan. Pergerakan di layar terasa sangat mulus, terutama saat bermain game.

realme x50Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet

Layarnya sendiri berukuran 6,57 inch dan dilindungi dengan Gorilla Glass 5. Resolusinya 1080x2400 pixel dengan rasio 20:9. Ukuran layar yang cukup lapang bisa membuat menonton film di Netflix atau bermain game dengan puas.

Bersamaan dengan peluncuran ponsel ini, Realme juga mendebutkan antarmuka buatannya sendiri yang dikembangkan berdasarkan Android 10 dan ColorOS 7. Diberi nama Realme UI, antarmuka ini menjanjikan tampilan yang bisa diubah-ubah sesuai keinginan.

Untuk urusan multimedia, Realme X50 5G menyediakan satu speaker di bagian bawah yang didukung dengan Dolby Atmos. Suara yang dikeluarkan speaker ini cukup keras ketika digunakan untuk mendengarkan lagu atau menonton video, tapi sedikit kurang nendang dan beberapa detail ada yang hilang.