Galaxy Tab S6, Tablet Android Terbaik - Halaman 3

Review

Galaxy Tab S6, Tablet Android Terbaik

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 01 Okt 2019 21:45 WIB
Galaxy Tab S6, Tablet Android Terbaik
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Keyboard case dan S Pen menjadi dua aksesori yang cukup bantu produktivitas. Keyboad case dijual terpisah, harganya cukup lumayan, Rp 2 jutaan.

Case tersebut tidak dibuat menyatu. Bagian keyboard sekaligus melindungi bagian layar. Sementara bagian belakang terdapat penyangga. Ketika ingin digunakan menonton film, kita dapat melepas bagian keyboard agar lebih nyaman.

Karena dibuat tipis, begitu terpasang di Galaxy Tab S6 tidak menambah bobotnya drastis. Kita pun tidak perlu repot-repot mencharging, atau ribet-ribet pairing. Begitu menempel di POGO connector langsung bisa digunakan.

Galaxy Tab S6, Tablet Android TerbaikFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Pengetikan cukup mudah dan cepat menggunakan keyboard case ini. Adanya touchpad tidak berfungsi banyak ternyata, sebab jari kadung terbiasa mengarahkan langsung ke layar sentuh. Touchpad baru berfungsi ketika kita tengah mengaktifkan mode Dex dengan monitor.

Dalam paket penjualan, Samsung menyertakan S Pen. Ukurannya lebih besar dari milik Galaxy Note 10 series. Pun begitu S Pen ini cukup nyaman dalam genggaman.

Keyboard ini tidak tersimpan di dalam tablet, melainkan menempel di bagian bodi belakang. Walau magnet bikin S Pen rekat menempel, nyatanya stylus itu sering terlepas dari bodi belakang.

Untungnya jika menggunakan keyboard case, disediakan bagian untuk menyimpan S Pen. Cukup membuka bagian atas saja.

Galaxy Tab S6, Tablet Android TerbaikFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Soal kemampuan, mengejutkannya fungsi S Pen di Galaxy Tab S6 sama seperti Galaxy Note 10 series. Kita bisa menggunakannya bak tongkat Harry Potter untuk mengatur kamera atau mengatur suara di YouTube.

Tapi paling berguna jelas kemampuan mengubah tulisan tangan ke tulisan ke teks. Ini bakal berguna bagi mereka kerap mencatat di buku. Semua tulisan tangan bisa dijadikan teks.

Satu lagi, S Pen disertakan dalam paket penjualan, sehingga tidak perlu membeli seperti Apple Pencil yang hargnya Rp 2 jutaan.

Galaxy Tab S6, Tablet Android TerbaikFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

(halaman selanjutnya: Display + Audio)



(afr/fay) (afr/fay)