Vivo V15 Pro, Performa Oke dengan Kamera Memuaskan - Halaman 2

Review

Vivo V15 Pro, Performa Oke dengan Kamera Memuaskan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 30 Apr 2019 19:27 WIB
Vivo V15 Pro, Performa Oke dengan Kamera Memuaskan
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa dan Antarmuka

V15 Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 675 octa core. Untuk mendukung performanya disematkan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Tentu kapasitas penyimpanan ini termasuk sangat besar, tapi jika dirasa kurang tersedia slot microSD hingga 256GB.

Di atas kertas, hasil uji coba benchmark-nya terbilang lebih dari cukup. Ketika diuji menggunakan aplikasi Antutu skor yang didapatkan 180470, sedangkan ketika diuji menggunakan aplikasi Geekbench mendapat skor 2386 untuk single-core dan 6561 untuk multi-core.

Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera MemuaskanFoto: screenshot
Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera MemuaskanFoto: screenshot


Ketika digunakan untuk kegiatan sehari-hari, performanya terbilang cukup kencang. Membuka beberapa aplikasi sekaligus untuk melakukan multi tasking bisa dilakukan dengan mulus.

detikINET pun menjajal performa gaming-nya dengan dua game populer yaitu PlayerUnknown's Battleground (PUBG) dan Asphalt 9. Untuk mendukung sesi gaming yang lebih intens tersedia fitur GameCube yang bisa memaksimalkan performa smartphone dan memblokir notifikasi.

Ketika digunakan untuk memainkan PUBG, grafis dan frame rate paling tinggi yang direkomendasikan dan dengan mudah dilahapnya tanpa lag. Tapi ketika digunakan untuk memainkan Asphalt 9 dengan setelan grafis paling tinggi, gameplay agak tersendat dan sedikit mengganggu.


Untuk sistem operasinya, V15 Pro dibekali dengan Android Pie 9.0 yang dibalut dengan antarmuka Funtouch OS 9. Berbeda dengan smartphone Android kebanyakan, panel pengaturan cepat di V15 Pro bisa diakses dengan swipe dari bawah ke atas, sedangkan swipe dari atas ke bawah hanya menampilkan notifikasi.

Banyak fitur yang dibenamkan Vivo dalam antarmuka dan menu pengaturan, seperti Speed Up yang bisa mengoptimalkan kinerja smartphone dalam sekali tap, Motorbike Mode yang bisa menolak semua panggilan jika sedang mengendarai motor, dan App Clone untuk membuat kloning aplikasi yang sudah ada agar bisa menjalankan dua akun dalam waktu yang bersamaan.

Selain aplikasi tools dan aplikasi miliki Goggle, ada juga aplikasi bawaan Vivo seperti vivoCloud, EasyShare dan V-Appstore. Ada juga beberapa aplikasi pra install seperti Facebook, WhatsApp dan WPS Office yang bisa di-uninstall jika tidak diinginkan.

Vivo juga menghadirkan asisten pintar berbasis AI yang disebut Jovi. Fungsinya macam-macam, mulai dari sekedar memberi informasi cuaca sampai mengidentifikasi foto yang baru saja diambil.

Baterai

Vivo V15 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 3.700 mAh. Walaupun masih menggunakan micro USB, V15 Pro sudah mendukung pengisian cepat Dual-Engine 18W. Pengisian daya dari 18% hingga penuh memakan waktu sekitar 1,5 jam yang notabene tidak terlalu cepat.

Untuk pemakaian normal sehari-hari sambil diselingi dengan main game, performa baterai cukup mengesankan. Baterai yang pada pagi hari masih penuh, masih tersisa sekitar 55% pada malam harinya.

Ketika digunakan untuk bermain PUBG selama 20 menit, indikator baterai yang awalnya 81% turun menjadi 73%. Sayangnya, jika digunakan untuk bermain game terlalu lama baterainya cepat panas dan cukup tidak nyaman ketika digenggam.


Halaman berikutnya: Kamera dan kesimpulan

(vmp/krs) (vmp/krs)