Jumat, 29 Mar 2019 09:04 WIB

Review

Samsung Galaxy M10, Ponsel Low End yang Kekinian

Josina - detikInet
Samsung Galaxy M10. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Samsung Galaxy M10. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Pada awal tahun ini Samsung membawa smartphone terbarunya di seri M diantaranya M20 dan M10 di pasar Indonesia. Kedua smartphone ini menyasar segmen yang berbeda. Untuk review kali ini detikINET akan mengulas Galaxy M10 warna hitam yang diperuntukan untuk kalangan kelas menengah ke bawah yang dibanderol seharga Rp 1,699,000.

Desain

Galaxy M10 memiliki bentuk yang sama dengan kakaknya M20, mengusung Inifinity-V yakni layar penuh berbezel tipis dengan tampilan notch atau poninya berbentuk huruf V.

Pada bagian belakangnya akan dijumpai dua kamera vertikal di sudut kiri atas serta tambahan lampu flash di bawahnya serta bagian sudut bawah kiri terdapat speaker.
Review Samsung Galaxy M10.Review Samsung Galaxy M10. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Beralih di sisi kiri terdapat slot untuk memasukkan dua kartu sim dan kartu MicroSD yang dapat menampung ketiganya sekaligus. Dan sebelah kanan ada tombol volume dan di bawahnya terdapat tombol power. Kemudian bagian bawahnya ada colokan earphone dan port microUSB.

Dilihat secara keseluruhannya, meski berada di kelas entry level dengan banderol cukup murah tapi tidak terlihat murahan karena ponsel ini mengikuti ponsel kini yang mengusung layar penuh serta notch tetesan air.


Lalu, meski memiliki bentang layar 6,2 inchi, untuk menggenggam ponsel ini pun juga terasa nyaman karena berbalut bahan plastik polycarbonat sehingga tidak licin. Namun, sayangnya M10 tidak diberikan fitur pemindai sidik jari seperti yang dimiliki M20.

Review Samsung Galaxy M10.Review Samsung Galaxy M10. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Layar

Galaxy M10 hadir dengan ukuran layar berukuran 6,2 inchi dengan rasio 19:9 di mana panel layarnya menggunakan jenis PLS (Panel to Line Switching) yang kualitasnya setara dengan IPS (In Panel Switching).

Layar smartphone ini juga memiliki view angle dan sertifikasi sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD. Tak ada yang istimewa dari segi warna yang dihasilkan M10 namun cukup nyaman jika ingin menonton live streaming ataupun main game karena memiliki layar yang lapang.

Untuk tampilan antarmuka di M10 dibuat sama dengan tampilan di ponsel high end Samsung di mana untuk masuk ke aplikasi utama dapat diakses dengan swipe ke atas di bagian layar utamanya.

Review Samsung Galaxy M10.Review Samsung Galaxy M10. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Performa

Galaxy M10 memiliki spesifikasi dengan menggunakan chipset buatan Samsung yakni Exynos 7870 dengan prosesor octra-core dan diimbangi dengan RAM sebesar 2GB dan kapasitas penyimpanan internal 16GB yang dapat diperluas dengan kartu memori hingga 512GB. Ponsel ini beroperasi di sistem operasi Android Oreo 8.1.

Selama satu minggu detikINET menggunakan ponsel ini, semua aplikasi yang dibuka seperti Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp serta aplikasi lainnya berjalan dengan baik tapi pernah beberapa kali sempat nge-lag karena terlalu banyak buka aplikasi jadi harus direstart dan berjalan normal kembali.

Hasil kualitas audio yang dihasilkan ponsel ini pun tidak istimewa tapi masih baik.

Review Samsung Galaxy M10.Review Samsung Galaxy M10. Foto: Muhammad Ridho Suhandi/detikINET
Untuk data tahan baterainya, M10 dibekali baterai dengan kapasitas 3.400mAh sayangnya ponsel ini belum fast charging jadi butuh waktu sekitar 4-5 jam untuk mengisi dayanya hingga baterai terisi penuh.

Penggunaan ponsel ini pun terbilang cukup kuat dan awet, digunakan seharian penuh dari chatting, media sosial, menggunakan kamera, merekam, kemudian nonton Youtube, baterai ini masih kuat hingga 1 hari penuh bahkan masih ada sisa untuk hari kedua.

Kamera

Masuk di kelas entry level, hasil kamera M10 tidak terlalu mengecewakan terlebih memiliki kamera ganda yang dimilikinya. Namun hasilnya pun juga tidak istimewa. Kamera ganda M10 masing-masing resolusinya berukuran 13MP dan kamera keduanya menggunakan lensa ultra-wide 5MP bagian ini akan membantu pengguna untuk mengambil foto pemandangan atau foto bersama karena bidang tangkap yang lebih luas.

Review Samsung Galaxy M10.Review Samsung Galaxy M10. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Kamera ini menawarkan banyak fitur seperti kamera-kamera di smartphone lainnya seperti fitur beauty hingga stiker-stiker lucu seperti di Instagram.

Selain itu ada beberapa mode yang bisa digunakan diantaranya Panorama, Pro, Beauty,Live Focus, Auto, Stickers dan Continous Shot.

Untuk pengambilan gambar dalam kondisi terang baik di dalam atau luar ruangan ponsel ini dapat menghasilkan gambar yang lumayan baik dengan memberikan warna yang sama pada warna objek aslinya.

Nah, untuk malam hari ini kamera M10 sepertinya sulit mengambil gambar yang oke karena memang M10 tidak memiliki fitur mode malam, walaupun kadang hasil foto di malam tidak jelek-jelek banget.

Review Samsung Galaxy M10.Review Samsung Galaxy M10. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Buat yang mau foto blur atau bokeh di bagian belakangnya bisa mencoba mode Live Fokus, kala detikINET mencoba mode ini hasilnya cukup baik.

Lalu penggunaan kamera depan, jangan pakai saat kondisi gelap atau malam hari karena hasil yang didapat sangat kurang apalagi tidak ada tambahan lampu flash di depannya. Namun untuk selfie di cahaya terang hasilnya lumayan cukup.


Berikut hasil jepretannya mulai dari kondisi terang, senja, indoor, malam hari dan foto selfie.


Foto siang hari. (Foto: detikINET/Josina)

Siang hari.Siang hari. Foto: detikINET/Josina

Review Samsung Galaxy M10.Foto siang hari. (Foto: detikINET/Josina)

Review Samsung Galaxy M10.Foto siang hari. (Foto: detikINET/Josina)

Review Samsung Galaxy M10.Foto live focus. (Foto: detikINET/Josina)

Review Samsung Galaxy M10.foto saat senja. Foto: detikINET/Josina

Review Samsung Galaxy M10.Foto saat senja dengan objek bergerak. (Foto: detikINET/Josina)

Malam hari.Malam hari. Foto: detikINET/Josina

Review Samsung Galaxy M10.Foto saat malam hari. (Foto: detikINET/Josina)

Review Samsung Galaxy M10.Foto saat malam hari. (Foto: detikINET/Josina)

Review Samsung Galaxy M10.Foto selfie sebelum dan setelah menggunakan Live Focus. (Foto: detikINET/Josina)
Kesimpulan

Samsung Galaxy M10 sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp 1,7 juta, ponsel ini menyasar kalangan menengah ke bawah. Meski dijual dengan harga murah namun desain serta spesifikasinya yang ditawarkan masih bisa dipertimbangkan karena ponsel ini mengikuti tren kekinian yang mengusung layar penuh serta notch.

Samsung Galaxy M10, Ponsel  Low End yang KekinianFoto: Adi Fida Rahman/detikINET
Kelebihan pada ponsel ini terletak pada baterainya yang mampu tahan satu bahkan lebih dua hari untuk pemakaian normal, lalu juga layar yang lebar bisa memanjakan mata yang ingin visual lebih lapang.

Meski ada kekurangannya mulai dari bodi dari plastik, tidak tahan air serta kamera yang kualitasnya tidak ada yang istimewa. Namun secara keseluruhan M10 patut dicoba bagi yang ingin ponsel kuat dan kekinian dengan harga terjangkau.

(jsn/afr)